IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Sejumlah Pendapat tentang Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun Kelahiran Nabi Muhammad

Sejumlah Pendapat tentang Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun Kelahiran Nabi Muhammad
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Terdapat sejumlah pendapat tentang waktu kelahiran Nabi Muhammad.

JAKARTA — Terdapat beberapa perselisihan dalam penentuan bulan dan tanggal kelahiran dari kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Namun manakah di antara beberapa pendapat yang paling tepat terkait kelahiran beliau?

Dikutip dari buku Polemik Perayaan Maulid Nabi ﷺ karya Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi, berikut Waktu kelahiran Nabi Muhammad ﷺ meliputi hari, tanggal, bulan dan tahun:

Hari kelahiran

Nabi ﷺ dilahirkan pada hari senin dengan kesepakatan ulama, berdasarkan hadits:

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : … وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ الِاثْنَيْنِ قَالَ : ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ

Dari Abu Qotadah al-Anshori Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah ﷺ pernah ditanya tentang puasa hari senin, beliau menjawab: Itu adalah hari aku dilahirkan, aku diutus atau diwahyukan kepadaku. (HR. Muslim 1162)

BACA JUGA:
Dua Kelompok yang Dilemahkan Allah SWT

Al-Hafizh Ibnu Rojab rahimahullah berkata: “Adapun kelahiran Nabi ﷺ pada hari senin, maka ini seakan sudah menjadi kesepakatan di kalangan ulama, seperti Ibnu Abbas dan lainnya. Diceritakan bahwa sebagian ulama berpendapat hari jum’at, tetapi pendapat ini lemah dan tertolak”. (Lathoiful Ma’arif)

Bulan Kelahiran

Ada perselisihan di kalangan ulama tentang bulan kelahiran Nabi ﷺ, tetapi yang masyhur sebagaimana pendapat mayoritas ulama adalah bulan Rabi’ul Awal, bahkan Ibnul Jauzi rahimahullah menukil ijma’ tentangnya. Ada pendapat lain yaitu bulan Rojab tetapi ini tidak benar. Ada juga yang berpendapat bulan Ramadhan tetapi ini juga tidak benar.

Ibnu Katsir berkata tentang pendapat terakhir ini: “Dinukil oleh Ibnu Abdil Barr dari Zubair bin Bakkar, tetapi ini pendapat yang aneh sekali”. (Al-Bidayah wa Nihayah) Dalam sumber lainnya beliau mengatakan: “Zubair bin Bakkar berkata: “Nabi dilahirkan pada bulan Ramadhan”, pendapat ini ganjil, diceritakan oleh as-Suhaili dalam Roudh-nya”. (Al-Fushul fi Siratir Rasul)

Tanggal Kelahiran

Adapun tanggal kelahirannya, maka diperselisihkan ulama secara tajam sebagai berikut:

BACA JUGA:
Komunitas Muslim Erumely Produksi Massal Perlengkapan Kuil Sabarimala

Pertama, Tanggal 2 Rabi’ul Awal. Dikatakan Ibnu Abdil Barr dalam al-Isti’ab. Dan al-Waqidi meriwayatkannya dari Abu Ma’syar Najih bin Abdirrahman al-Madani.

Kedua, Tanggal 8 Rabi’ul Awal. Diceritakan al-Humaidi dari Ibnu Hazm. Malik, Uqail, Yunus bin Yazid dan lain-lain meriwayatkannya dari Zuhri dari Muhammad bin Jubair bin Muth’im. Ibnu Abdil Barr menukil dari para ahli sejarah bahwa mereka menguatkan pendapat ini. Dikuatkan juga oleh al-Hafizh Muhammad bin Musa al-Khowarizimi dan al-Hafizh Abul Khaththab Ibnu Dihyah dalam kitabnya at-Tanwir fi Maulid al-Basyri an-Nadhir.

Ketiga, Tanggal 10 Rabi’ul Awal. Ibnu Asakir meriwayatkannya dari Abu Ja’far al-Baqir, dan Mujalid meriwayatkannya dari Sya’bi.

Keempat, Tanggal 12 Rabi’ul Awal. Ditegaskan oleh Ibnu Ishaq. Dan diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushonnaf-nya dari ‘Affan dari Sa’id bin Mina dari Jabir dan Ibnu Abbas, keduanya berkata: “Rasulullah ﷺ dilahirkan tahun gajah hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal”. Inilah pendapat yang masyhur di kalangan ahli ilmu.

5. Tanggal 17 Rabi’ul Awal, sebagaimana dinukil oleh Ibnu Dihyah dari sebagian Syi’ah. (al-Bidayah wa Nihayah dan Lathoiful Ma’arif)

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Sejumlah Pendapat tentang Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun Kelahiran Nabi Muhammad
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!