IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Tiga Tanda Kanker Stadium Akhir, Gejalanya Persis Seperti yang Dirasakan Pasien Paliatif

Tiga Tanda Kanker Stadium Akhir, Gejalanya Persis Seperti yang Dirasakan Pasien Paliatif
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Pengobatan pasien paliatif ditujukan untuk meredakan gejala kanker.

JAKARTA — Penderita kanker stadium akhir memperlihatkan tanda-tanda yang khas. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Palliative Care mengungkap kecenderungan tersebut.


Dalam penelitiannya, ilmuwan berusaha untuk menilai keparahan gejala pasien dengan kanker stadium lanjut di unit perawatan paliatif. Mereka juga mengeksplorasi faktor-faktor yang terkait dengan perbaikan gejala.

Menurut Cancer Research UK, tujuan perawatan paliatif adalah meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Perawatan tentunya dapat digunakan pada setiap tahap penyakit jika ada gejala yang mengganggu, seperti rasa nyeri atau sakit.

BACA JUGA:
Tanda Strok Ringan: Mati Rasa Sesaat pada Kaki


“Pada kanker stadium lanjut, pengobatan paliatif dapat membantu seseorang untuk hidup lebih lama dan lebih nyaman, bahkan jika mereka tidak dapat disembuhkan,” kata badan amal tersebut dilansir Express, Senin (3/10/2022).

Studi dilakukan di unit perawatan paliatif di Taiwan antara Oktober 2004 hingga Desember 2009. Intensitas gejala diukur dengan “Formulir Pelaporan Gejala” dan dinilai pada skala nol sampai empat (nol berarti tidak ada, dan empat berarti ekstrem).

BACA JUGA:
Minum Delapan Gelas Air per Hari Ternyata Terlalu Banyak


Pengukuran intensitas gejala ini dilakukan pada hari pertama, ketiga, kelima, dan ketujuh di unit perawatan paliatif. Data penelitian terdiri dari catatan klinis rutin dan data demografis pasien.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Tiga Tanda Kanker Stadium Akhir, Gejalanya Persis Seperti yang Dirasakan Pasien Paliatif
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!