Kamis, 25/04/2024 - 23:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Dosen Unkris Herawati Pimpin Indonesian Research Methodology Lecturer Association DKI

ADVERTISEMENTS

Selama ini masih dijumpai dosen-dosen yang belum memahami metodologi riset.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Dosen Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr Susetya Herawati, ST.MSi resmi menahkodai Asosiasi Dosen Metodologi Penelitian Indonesia atau Indonesian Research Methodology Lecturer Association (IRMLA) Pengurus Wilayah DKI Jakarta periode 2022-2027. Ia dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) IRMLA Prof HM Burhan Bungin. M.Si., Ph.D., CIQaR., CIQnR, pada Selasa (4/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pelantikan pengurus IRMLA DKI Jakarta yang digelar di Gedung Rektorat Unkris tersebut dihadiri Sekjen PP IRMLA Dr. H. Andi Budi S. SH., M.ikom., CIQaR., CIQnR dan jajarannya, Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono, para wakil rektor dan dekan, pengurus wilayah IRMLA DKI, beberapa pengurus wilayah IRMLA daerah lain, perwakilan APINDO, serta perwakilan dari dunia usaha dunia industri (DUDI).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ketua Umum PP IRMLA Prof Burhan Bungin menyatakan, IRMLA merupakan organisasi profesi yang beranggotakan para dosen metodologi dari berbagai perguruan tinggi. Keberadaan organisasi ini menjadi wadah bagi para dosen dalam kerangka menjalin kerjasama baik sesama dosen, perguruan tinggi, maupun dengan DUDI terkait metodologi riset.

ADVERTISEMENTS

“Kehadiran IRMLA menjadi tantangan bagi para dosen untuk melakukan riset dengan metodologi yang baik dan benar,” kata Prof Burhan dalam sambutannya seperti dalam siaran persnya, Selasa (4/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
UNM Tawarkan Biaya Kuliah Terjangkau dan Berkualitas

Prof Burhan mengakui, selama ini masih dijumpai dosen-dosen yang belum memahami metodologi riset. Akibatnya para dosen itu melakukan kesalahan terutama dalam hal metodologi, “Saya berharap dengan IRMLA ini dapat memutus mata rantai kesalahan yang terjadi secara turun temurun tersebut,” jelasnya.

Karena itu, Prof Burhan mendorong pengurus IRMLA DKI Jakarta yang baru dilantik untuk bekerja sama dan saling berkolaborasi memajukan kegiatan riset para dosen sesuai dengan kaidah atau metodologi yang benar.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono menyampaikan apresiasinya atas terbentuknya IRMLA DKI. Terlebih kepemimpinan IRMLA DKI Jakarta untuk periode 2022-2027 dipercayakan kepada salah seorang dosen Unkris. “Selamat kepada Bu Herawati. Kami percaya bahwa Bu Hera mampu menjunjung tinggi amanah dan dapat membawa IRMLA DKI Jakarta semakin maju,” katanya.

Rektor Unkris Dr Ayub berharap terbentuknya IRMLA DKI dapat merekatkan kerja sama antarakademisi untuk membangun Indonesia melalui peningkatan peran dosen metodologi dalam bentuk riset yang membawa dampak manfaat bagi masyarakat, terutama industri.

Unkris, lanjut Dr Ayub, membuka pintu selebar-lebarnya untuk berkolaborasi dengan dosen atau perguruan tinggi manapun termasuk DUDI untuk memajukan kegiatan riset atau penelitian. “Banyak bidang bisa kami kerjasamakan guna mendorong riset yang dihasilkan oleh kalangan akademisi semakin banyak dimanfaatkan oleh kalangan industri.”

Berita Lainnya:
70 Persen Siswa SMA Khadijah Surabaya Lolos PTN Jalur SNBP 2024

Menurut Dr Ayub, Unkris bersedia menyediakan ruang beserta fasilitas yang dibutuhkan pengurus IRMLA PW DKI Jakarta untuk mengoperasikan roda organisasi.

Sementara itu, Ketua Umum PW IRMLA DKI Jakarta Dr Susetya Herawati mengatakan, kolaborasi dengan DUDI akan menjadi kegiatan IRMLA DKI Jakarta. Terutama kolaborasi dalam hal hilirisasi hasil riset atau penelitian.

“Sampai saat ini, proses hilirisasi hasil riset dan inovasi yang dihasilkan oleh lembaga riset/perguruan tinggi masih menghadapi berbagai masalah, terutama adanya jurang yang sangat lebar antara lembaga riset/perguruan tinggi di satu sisi, dan dunia usaha/industri di sisi lain. Dalam konteks inilah peran intermediasi oleh IRMLA harus segera dilakukann,” jelas Herawati.

Menurut Herawati, dalam kolaborasi kelembagaan ini, dunia usaha/industri berperan sebagai pendorong, pengembang, pengguna, sekaligus memasarkan hasil riset dan inovasi teknologi yang dihasilkan dosen dan perguruan tinggi. Tanpa peran dunia usaha, hasil riset, inovasi teknologi tidak mungkin akan berkembang. “Pengusaha sebagai bagian dari masyarakat harus ambil tanggung jawab atas kemajuan riset dan teknologi bangsa ini,” tegas dia.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi