Jumat, 19/04/2024 - 09:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KPK akan Buka ke Publik Hasil Penyelidikan Dugaan Korupsi Formula E

ADVERTISEMENTS

Dalam pengusutan kasus korupsi lainnya, KPK tidak mempublikasikan hasil penyelidikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana membuka temuan hasil penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta kepada masyarakat. Sehingga, tidak menimbulkan kecurigaan di tengah publik terkait pengusutan kasus tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Kami sedang mempertimbangkan juga bagaimana kalau proses lidik itu kita buka supaya masyarakat, teman-teman wartawan mengetahui apa sih yang sudah diperoleh KPK,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

ADVERTISEMENTS


Padahal, dalam pengusutan kasus lainnya, KPK tidak mempublikasikan hasil penyelidikan. Alex menjelaskan, pertimbangan ini diambil agar dapat menepis isu-isu yang berkembang di masyarakat, termasuk opini yang menyebutkan bahwa lembaga antirasuah itu melakukan kriminalisasi terhadap pihak tertentu. 

Berita Lainnya:
Bila Mega-Prabowo Jadi Bertemu, Tanda Rekonsiliasi dengan Jokowi sudah Terjadi


Alex pun berharap agar kedepanya masyarakat bisa memahami dan mengikuti proses penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK. Ia menuturkan, pihaknya bakal menyampaikan keterangan para saksi dalam kasus ini kepada publik.


“Dari keterangan para saksi yang sudah dipanggil, apa yang mereka terangkan. Supaya apa, supaya masyarakat tidak lagi curiga seolah-olah kami mengkriminalisasi seseorang,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Sejauh ini, KPK telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan rasuah pelaksanaan Formula E di Jakarta. Terbaru, lembaga antirasuah ini melakukan pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan pada Rabu (7/9/2022).

Berita Lainnya:
Dulu Tim Ganjar, Sekarang Bela Prabowo-Gibran di MK: Jika Pilpres Diulang Maka Mulai dari Mana?


Kemudian, KPK juga sudah memeriksa beberapa tokoh lainnya, yakni mantan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto pada Kamis (16/6/2022). Dia diklarifikasi terkait pengelolaan anggaran untuk penyelenggaraan Formula E.


Selain itu, KPK sudah dua kali memeriksa keterangan dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. KPK juga telah memeriksa Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo hingga mantan wakil menteri luar negeri, Dino Patti Djalal. KPK pun telah memanggil Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta untuk dimintai keterangan.


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi