Selasa, 16/04/2024 - 23:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Manfaat Makan Kacang Pistacio, Jaga Kesehatan Jantung Hingga Tinggi Serat

ADVERTISEMENTS

Kacang pistacio mengandung banyak nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Menjaga kesehatan organ jantung sangat penting, salah satunya dengan mengadopsi gaya hidup sehat. Hal itu termasuk berolahraga secara teratur, mengikuti pola diet sehat secara keseluruhan dan menghindari produk tembakau, menurut American Heart Association.

ADVERTISEMENTS


Mencoba menemukan makanan tepat untuk kesehatan jantung mungkin cukup menantang. Tetapi ahli jantung menyarankan salah satu makanan tertentu, yakni menambahkan segenggam pistacio ke dalam rutinitas harian. 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Berikut manfaat kacang pistacio, seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (4/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


 


1. Terkait Kolesterol Rendah

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


Salah satu indikator pertama dari jantung yang sehat adalah kadar kolesterol. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar kolesterol adalah dengan bantuan diet sehat, meliputi pemilihan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, untuk memenuhi antara 20 dan 35 persen kalori harian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


“Sebagian besar lemak dalam pistachio adalah lemak tak jenuh, yang terkait dengan penurunan kolesterol,” jelas Jim Liu MD seorang ahli jantung dan Asisten Profesor Klinis Penyakit Dalam di The Ohio State University Wexner Medical Center.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Dipasang di Lengan, Implan KB Ibu Asal Inggris Ditemukan Bergeser ke Paru-Paru, Kok Bisa?


2. Terkait Tekanan Darah

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai  “pembunuh diam-diam” karena biasanya tidak memiliki tanda peringatan tetapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok, menurut National Institute of Health (NIH). Diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) sering direkomendasikan untuk penderita hipertensi.


Pola makan tersebut membutuhkan dua hingga tiga porsi harian lemak sehat dan empat hingga lima porsi mingguan kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan kacang polong. Makan 1,5 ons ( sekitar segenggam) pistacio setiap hari dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah, menurut penelitian Juni 2020 di Nutrients.


 


3. Kaya Serat


Serat makanan adalah nutrisi penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Itu membantu dalam pencernaan, penurunan berat badan dan bahkan kesehatan jantung.


Orang yang makan serat dalam jumlah tertinggi memiliki risiko penyakit jantung dan kematian penyakit jantung yang jauh lebih rendah, menurut tinjauan Desember 2017 di Journal of Chiropractic Medicine Secara khusus, diet tinggi serat mendukung kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah dan peradangan, menurut Mayo Clinic.


 


4. Memiliki Antioksidan


“Tingkat antioksidan yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung,” kata Ankit Shah MD ahli jantung olahraga dan Asisten Profesor Kedokteran di Georgetown University Medical Center.

Berita Lainnya:
Mengapa Bir Oplosan Bisa Bikin Orang Alami Kebutaan?


Pistacio sangat kaya akan antioksidan vitamin E, polifenol dan karotenoid lutein dan zeaxanthin, menurut Klinik Cleveland. Dibandingkan dengan kacang lainnya, pistacio memiliki tingkat antioksidan tertinggi seperti vitamin E dan K, karotenoid dan thiamin, menurut ulasan April 2015 di The British Journal of Nutrition. Faktanya, kacang ini berada di 50 makanan antioksidan teratas, menurut ulasan Desember 2021 di Plants.


 


5. Dukung Gula Darah Sehat


Makan pistacio telah dikaitkan dengan kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah. Kemudian terkait kesehatan metabolisme baik secara keseluruhan pada orang dengan pradiabetes, menurut uji klinis Oktober 2014 di Diabetes Care.


“Seperti kebanyakan hal lain dalam hidup, moderasi adalah kuncinya,” kata Shah.


Pistacio tinggi kalori, dan satu porsi pistachio sekitar satu ons atau 28 gram, menurut Klinik Cleveland. Ini sama dengan sekitar 159 kalori, menurut USDA. Untuk menjaga kadar natrium tetap terkendali, pilihlah pistacio mentah tawar untuk camilan yang mendukung jantung, sebagaimana disarankan para ahli jantung.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi