IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Putin: Ledakan di Jembatan Krimea Tindakan Terorisme

Pemandangan tank yang terbakar di bagian Jembatan Krimea yang rusak yang menghubungkan daratan Rusia dan semenanjung Krimea di atas Selat Kerch, dekat Kerch, Krimea, Sabtu, 8 Oktober 2022. Pihak berwenang Rusia mengatakan sebuah bom truk telah menyebabkan kebakaran dan keruntuhan bagian dari jembatan yang menghubungkan Krimea yang dicaplok Rusia dengan Rusia. Jembatan itu adalah arteri pasokan utama bagi upaya perang Moskow yang goyah di Ukraina selatan.

Putin menuduh Ukraina mendalangi ledakan di Jembatan Krimea.

 MOSKOW — Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, insiden ledakan yang terjadi di jembatan di atas Selat Kerch yang menghubungkan Rusia dengan Krimea merupakan tindakan terorisme. Putin menuduh Ukraina mendalangi peristiwa tersebut.


“Tidak ada keraguan. Ini adalah tindakan terorisme yang bertujuan menghancurkan infrastruktur sipil yang sangat penting. Ini dirancang, dilakukan, dan diperintahkan oleh layanan khusus Ukraina,” kata Putin, Ahad (9/10/2022).


Wakil Perdana Menteri Rusia Marat Khusnullin mengungkapkan, penyelam mulai bekerja pada Ahad untuk memeriksa kerusakan Jembatan Krimea. Menurut laporan beberapa media setempat, survei yang lebih rinci di atas permukaan air diharapkan akan selesai sebelum Senin (10/10/2022).


Sementara itu, Kementerian Transportasi Rusia mengatakan, kereta barang dan kereta penumpang jarak jauh tetap melintasi Jembatan Krimea sesuai jadwal pada Ahad. Lalu lintas jalan yang sempat terhenti dilanjutkan pada Sabtu (8/10/2022), sekitar 10 jam setelah ledakan. “Situasinya dapat diatur. Ini tidak menyenangkan, tetapi tidak fatal. Tentu saja, emosi telah dipicu dan ada keinginan yang sehat untuk membalas dendam,” kata Gubernur Krimea Rusia, Sergei Aksyonov, kepada awak media.

BACAAN LAIN:
Taiwan Jalin Hubungan dengan Republik Ceko


Ledakan di Jembatan Krimea diyakini berasal dari sebuah truk. Insiden itu menewaskan tiga orang. Mereka diyakini merupakan pengendara mobil yang berada di dekat truk saat ledakan berlangsung. 


Jembatan Krimea merupakan rute pasokan utama untuk pasukan Rusia di Ukraina selatan. Jembatan tersebut juga merupakan arteri utama untuk pelabuhan Sevastopol yang menjadi markas armada Laut Hitam Rusia. Ledakan yang terjadi di jembatan tersebut disambut gembira oleh Ukraina. Kendati demikian, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas insiden tersebut.

BACAAN LAIN:
Inggris Dukung Keketuaan Indonesia di ASEAN


Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina pada 2014. Jembatan sepanjang 19 kilometer yang menghubungkan Rusia dengan Krimea diresmikan secara meriah oleh Putin empat tahun setelah aneksasi.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Putin: Ledakan di Jembatan Krimea Tindakan Terorisme
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!

Pengcard Bank Aceh Syariah