Sabtu, 20/04/2024 - 10:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Tidak Bergairah, Rupiah Awal Pekan Dibuka Melemah ke Posisi Rp 15.274 per Dolar AS

ADVERTISEMENTS

Pelemahan rupiah sejalan dengan penguatan indeks dolar AS pada akhir pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami pelemahan pada pagi ini, Senin (10/10/2022). Di pasar spot, mata uang garuda terkoreksi 0,15 persen atau turub 23,5 poin menjadi Rp 15.274 per dolar AS. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pelemahan rupiah sejalan dengan penguatan indeks dolar AS pada akhir pekan lalu. Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan investor mengamari data nonfarm payrolls.

ADVERTISEMENTS


Data tersebut mengindikasi kebijakan bank sentral AS Federal Reserve (the Fed) untuk menaikkan suku bunga acuan. Di sisi lain, imbal hasil Treasury AS yang jturun berpotensi mendorong The Fed pada akhirnya melunakkan sikap hawkishnya.

Berita Lainnya:
Kemenkop Dorong Koperasi Produsen Kopi Masuk PMO Kopi Nusantara BUMN


Ketua Fed Jerome Powell juga telah memperingatkan bahwa bank akan mengambil risiko gangguan ekonomi karena menaikkan suku bunga secara agresif untuk meredam inflasi. Ekonomi dunia tengah berada di bibir jurang resesi. Beberapa negara maju telah menunjukkan gejala resesi, termasuk Eropa, Inggris dan Amerika Serikat (AS). 


Kenaikan inflasi yang sangat tinggi di negara maju, yang diikuti respons kebijakan moneter luar biasa dan likuiditas ketat memacu capital outflow dan volatilitas di sektor keuangan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dana Moneter Internasional (IMF) menurunkan proyeksi ekonomi global dari 3,6 persen menjadi 3,2 persen untuk tahun ini. Sementara untuk 2023, IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global dari 3,6 persen menjadi 2,9 persen.

Berita Lainnya:
PHRI Bali Waspadai Pelemahan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS


Kondisi ini akan menekan negara berkembang, termasuk Indonesia. Implikasi jika dunia mengalami resesi, termasuk AS, Eropa dan lainnya, maka ekspor Indonesia akan terdampak karena permintaan yang turun. Jika permintaan turun, otomatis harga komoditas akan melemah.


Ibrahim memperkirakan, mata uang rupiah kemungkinan berfluktuatif pada perdagangan Senin (10/10/2022). Rupiah diproyeksi akan ditutup melemah di rentang  Rp 15.240 – Rp 15.290.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi