Jumat, 26/04/2024 - 02:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Begini Cara Aman Berkendara di Medan Jalan Berlumpur

ADVERTISEMENTS

Perlu sejumlah teknik mengemudi khusus untuk melintasi jalan berlumpur dan licin

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

BOGOR–Saat melakukan perjalanan terutama ke wilayah yang kurang bersahabat kondisi medan jalannya, terkadang pengendara mobil terpaksa harus melalui jalan yang berlumpur. Agar bisa melalui jalan itu dengan lancar dan selamat, terdapat sejumlah hal yang perlu dilakukan oleh pengemudi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Product Manager Can-Am Indonesia, Adrian Suriantio mengatakan, jalanan berlumpur disebut juga dengan off-road karena jalan tersebut tak dilapisi aspal sehingga perlu sejumlah cara khusus untuk melintasi jalan licin tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Meski jalan off-road itu telah terdapat bekas tapak roda dari kendaraan lain yang telah malalui jalur itu, pengendara tetap harus berhati-hati dan cermat saat melintasinya. Disarankan, pengemudi ikut melintasi jalur yang sudah itu dengan memastikan seluruh ban berada pada bekas tapak roda tersebut,” kata Adrian Suriantio kepada Republika.co.id saat dijumpai dalam Can-Am International Off-Road Day di Bogor, Jawa Barat akhir pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Neta Produksi di Indonesia untuk Dapat  Bersaing di Pasar Mobil Listrik 


Dengan begitu, pengendara bisa melewati lintasan itu dengan lebih mudah. Meskipun, ia mengaku, sejumlah pengendara terkadang justru menghindari lajur itu karena khawatir bagian bawah mobil akan bergesekan dengan permukaan tanah yang lebih tinggi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tapi, hal itu memiliki resiko yang lebih kecil dari pada pengemudi memilih lajur lain di luar lajur yang telah terdapat bekas tapak roda. “Jika tidak melewati jalur yang sudah ada, kendaraan justru berpotensi melaju lebih liar sehingga berpotensi terperosok atau terkena tepian tebing,” ujarnya.


Kemudian, jika dalam lintasan itu terdapat kubangan air, pengendara sebaiknya memeriksa kedalaman dari kubangan tersebut. Pastikan kedalaman air masih sesuai dengan ground clearence mobil sehingga kubangan itu bisa dilalui dengan baik.

Berita Lainnya:
TikToker Terjebak di dalam Mobil Tesla Bersuhu 46 Derajat Celsius Selama Update Perangkat


Can-Am International Off-Road Day ini sendiri digelar di Can-Am City yang terletak di Megamendung, Bogor. Menurutnya, lokasi ini merupakan destinasi sport tourism terpadu yang hadir untuk mengakomodasi pecinta aktivitas outdoor dan pecinta off-road.


“Lewat Can-Am City, masyarakat bisa menikmati sensasi melintasi jalanan off-road dengan aman. Selain itu, area seluas 10 hektar ini juga bisa jadi sarana edukasi untuk meningkatkan skill pengemudi saat melintasi jalanan off-road,” ucap dia.


Fasilitas ini sendiri tidak hanya dihadirkan untuk pengguna kendaraan off-road dari Can-Am tapi terbuka untuk seluruh merek kendaraan off-road baik itu kendaraan roda empat atau roda dua. Tapi, bagi yang belum memiliki kendaraan off-road, fasilitas ini juga dibekali dengan sejumlah kendaraan off-road seperti Can-Am Maverick dan Can-Am Defender.


 


 


 


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi