Sabtu, 20/04/2024 - 11:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Meriahnya Perayaan Maulid Nabi di Vietnam

ADVERTISEMENTS

Komunitas Muslim Vietnam bergembira menggelar Festival Maulid

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

HO CHI MINH — Komunitas Muslim di Kota Ho Chi Minh bergembira menggelar Festival Maulid dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Melansir laman vietnamplus.vn, acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Vietnam Fatherland Front Committee Kota Ho Chi Minh, Konsulat Jenderal Malaysia dan Indonesia di kota tersebut, dan organisasi keagamaan seperti Buddha, Katolik, Protestan, dan Cao Daism, serta sejumlah besar orang-orang di komunitas Muslim di kota.

ADVERTISEMENTS


Menyikapi acara tersebut, Ly Du So, kepala Dewan Perwakilan Komunitas Muslim Kota Ho Chi Minh, menekankan bahwa Festival Maulid tahun ini berlangsung pada saat negara tersebut telah melewati pandemi Covid-19 dan berusaha untuk menyelesaikan target pembangunan utama untuk tahun ini.

Berita Lainnya:
Kisah Iblis Mengaku Tuhan kepada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani


Komunitas Muslim di Kota Ho Chi Minh selalu menanggapi gerakan yang diluncurkan oleh Front Tanah Air Vietnam. Nguyen Van Luong, wakil kepala Departemen Urusan Agama kota, memuji kontribusi Muslim lokal untuk pembangunan kota, dan menyatakan keyakinannya bahwa masyarakat akan terus menjalankan keyakinan mereka sesuai dengan hukum, menyangkal klaim distorsi pasukan musuh, dan memberikan kontribusi lebih lanjut untuk pembangunan lokal.


Dalam Bahasa Vietnam, Islam disebut dengan Hoi giao yang merupakan salah satu agama yang diterima dan dipraktekkan oleh masyarakat minoritas di beberapa daerah tertentu, khususnya Vietnam Tengah dan Selatan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Komunitas Islam Vietnam terdiri atas dua aliran yaitu Cham Bani dan Cham Islam. Cham Bani merupakan kelompok minoritas Vietnam yang memeluk agama Islam yang dimodifikasi dengan kepercayaan leluhur dan budaya. Sedangkan Cham Islam merupakan komunitas Islam pembaharuan di Vietnam yang mempraktikkan ibadah sesuai dengan ahlussunnah wal jamaah atau selayaknya kaum Muslim di Indonesia.

Berita Lainnya:
Ziarah Kubur Sesudah Sholat Idul Fitri, Begini Sunnah dan Doanya 


Berdasarkan informasi dari Vietnam Government Committee for Religious Affairs, pada 2019 terdapat sekitar 30 ribu Muslim Cham Islam dan 50 ribu penganut Cham Bani di Vietnam. Komunitas Cham Bani rata-rata tinggal di provinsi Ninh Thuan dan Binh Thuan, sedangkan Muslim Cham Islam banyak ditemukan di provinsi Ninh Thuan (berbeda lokasi dengan Cham Bani yang tinggal di provinsi yang sama), An Giang, Tay Ninh, Dong Nai, dan Ho Chi Minh City.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi