Sabtu, 20/04/2024 - 10:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Petani India Terimbas Kebijakan Larangan Pembatasan Ekspor

ADVERTISEMENTS

Petani dan eksportir beras India merasakan kerasnya larangan ekspor beras pecah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

NEW DELHI – Petani dan eksportir beras India merasakan kerasnya larangan ekspor beras pecah. Mereka juga menghadapi kenaikan bea masuk pada beberapa varietas biji-bijian.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pemerintah India membuat kebijakan pembatasan untuk menenangkan kenaikan harga dan mempertahankan pasokan yang cukup untuk penduduk setempat. Kebijakan itu disahkan pada 8 September lalu.

ADVERTISEMENTS

Meski pembatasan itu sedikit melegakan konsumen, ini adalah berita buruk bagi bisnis di negara yang merupakan pengekspor beras terbesar di dunia. Bagi eksportir beras Ekspor Al-Gyas, langkah pemerintah untuk memberlakukan larangan ekspor beras pecah yang merupakan 10 persen dari pengirimannya, sangat mengejutkan.  

Perusahaan mengirimkan sekitar 300 ribu ton beras per tahun, sebagian besar ke negara-negara di Timur Tengah dan di seluruh Afrika. “Ini akan mempengaruhi 10 persen dari penjualan, dan kami ingin mengimbanginya dengan produk lain,” kata direktur Ekspor Al-Gyas Naeem Ilyas Motorwal dikutip laman Channel News Asia, Senin (10/10/2022).

Berita Lainnya:
DPR Konsisten Bela Palestina di Sidang Parlemen Dunia

“Secara umum, saya pikir itu adalah langkah positif dari pemerintah (untuk menempatkan) beberapa pembatasan, karena mereka tidak dapat membiarkan banyak beras pergi ketika kita juga memiliki banyak konsumsi untuk produk yang sama di India juga,” kata dia melanjutkan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Beras adalah makanan pokok yang sangat diandalkan oleh rumah tangga di seluruh India, tidak hanya untuk makanan tetapi juga untuk pakan ternak. Namun, dengan curah hujan yang tidak merata selama musim hujan tahun ini, penurunan produksi tidak dapat dihindarkan.

Sementara itu, inflasi makanan telah melonjak. Hal ini dilihat dari harga gandum naik lebih dari 9 persen pada Agustus tahun ini.

Hal ini mendorong pemerintah untuk turun tangan mengendalikan harga beras lokal. “Jika kita melihat konteks India, dalam seluruh skenario global, pangsa dan ekspor kita telah meningkat,” kata Pushan Sharma, direktur di firma analitik Crisil.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami dulu menyumbang sekitar 24 persen dari ekspor global dari 2018 hingga 2019. Itu telah meningkat menjadi 40 persen,” kata dia.

Berita Lainnya:
Israel Dikabarkan Serang Isfahan, Ini Respons Iran

Menurut Pushan ketakutannya adalah, mengingat penurunan produksi dalam negeri, produksi global, dan peningkatan pangsa ekspor India, harga lokal bisa mulai meningkat. “Itulah sebabnya larangan diberlakukan untuk melindungi kebutuhan domestik,” katanya.

Basmati dan beras setengah matang tidak terpengaruh oleh langkah-langkah yang bertujuan untuk membatasi pengiriman ke luar negeri. Larangan ekspor adalah beras pecah, yang terdiri dari pecahan biji-bijian. Meskipun dianggap inferior, beras pecah dikonsumsi oleh masyarakat di beberapa negara berkembang dan banyak digunakan untuk pakan ternak.

Bea masuk sebesar 20 persen juga dikenakan pada jenis beras putih dan beras merah, yang keduanya dikonsumsi secara luas di India. Tahun lalu, India mengekspor 21,5 juta ton beras. Ini lebih dari total pengiriman dari empat negara pengekspor gandum terbesar berikutnya seperti Thailand, Vietnam, Pakistan dan Amerika Serikat.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi