Kamis, 25/04/2024 - 04:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Wiranto Tanggapi MPR dan Wantimpres Bahas Kepala Daerah Dipilih DPRD

ADVERTISEMENTS

Pertemuan MPR dan Wantimpres menghasilkan usulan kepala daerah dipilih DPRD.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jenderal (Purn) Wiranto menyebut, usulan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) agar kepala daerah kembali dipilih oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sudah dijelaskan di forum MPR. Dia menegaskan, hal itu masih sebatas usulan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Sudah dijelaskan di MPR kemarin ya sudah ya, diulang-ulang saja,” kata Wiranto di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (11/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Wiranto pun menerangkan, sikap Wantimpres sudah disampaikan secara resmi dalam pertemuan dengan pimpinan MPR. “Enggak, sudah disampaikan dengan Pak Bamsoet, penyelesaiannya sama,” ujar eks ketua umum DPP Partai Hanura itu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pengamat: Kok Baru Pemilu 2024 Megawati Menyoroti Kecurangan?


Sebelumnya, MPR dan Wantimpres mewacanakan pemilihan kepala daerah dikembalikan ke DPRD. Wacana itu dibahas pada pertemuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (10/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Usai pertemuan tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut, saat ini perlu adanya kajian terkait demokrasi Indonesia sekarang. Dia menyoroti, adanya kaitan antara demokrasi dengan korupsi yang marak terjadi saat ini, misalnya, dalam lima periode Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga tak bisa mengatasinya jika evaluasi tak dilakukan, termasuk mekanisme dari pemilihan umum (pemilu).

Berita Lainnya:
Jazilul: PKB Jadi Bagian Pemerintah, Prabowo dan Muhaimin Akrab

Bamsoet menegaskan, salah satu hal yang dikaji yakni mengembalikan sistem kepala daerah dipilih DPRD. Politikus Partai Golkar itu menekankan, evaluasi sistem pemilu dan pilkada itu baru pada tahap brainstorming atau curah pendapat. MPR baru akan meminta pandangan dan kajian dari akademisi di perguruan tinggi hingga teknokrat.


Sedangkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sekaligus Menteri Koordinator bidang Perekonomian menyebut hal tersebut baru usulan. “Enggak, itu baru usulan,” kata Airlangga.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi