Rabu, 17/04/2024 - 03:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Banyak yang Menderita Gejala Covid-19, Ahli: Kemungkinan Besar Itu Pilek

ADVERTISEMENTS

Ada satu gejala dominan yang membedakan Covid-19 dengan pilek.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Aplikasi pemantau gejala Covid-19, ZOE, menemukan adanya peningkatan jumlah pengguna yang mengeluhkan gejala Covid-19. Akan tetapi, peneliti menilai gejala-gejala tersebut kemungkinan disebabkan oleh pilek, bukan Covid-19.

ADVERTISEMENTS

“Pilek itu tiga hingga empat kali lebih banyak dibandingkan kasus Covid-19, jadi Anda lebih mungkin mengalami pilek dibandingkan Covid-19,” ungkap Prof Tim Spector yang menggagas aplikasi tersebut, seperti dilansir Express, Rabu (12/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Prof Spector juga mengungkapkan bahwa kasus pilek mengalami peningkatan yang cukup besar. Peningkatan seperti ini belum pernah terlihat sejak Oktober tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Lulus Cumlaude, Kombes Pol Yade Setiawan Ujung Raih Gelar Doktor di Univ Padjadjaran

Akan tetapi, Prof Spector mengungkapkan bahwa mutasi virus membuat gejala Covid-19 menjadi semakin mirip dengan pilek. Hal ini membuat kedua penyakit tersebut menjadi sulit untuk dibedakan.

Terkait hal ini, Prof Spector memiliki sebuah tips untuk bisa membedakan gejala Covid-19 dan pilek. Prof Spector mengungkapkan bahwa orang-orang yang terkena pilek lebih mungkin mengalami gejala hidung beringus, sedangkan pada kasus Covid-19, gejala tersebut jarang ditemukan. Selain itu, gejala bersin juga lebih jarang terjadi pada Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Jadi bila Anda mengalami nyeri tenggorokan yang hebat dan Anda tidak mengalami bersin atau gejala lain, Anda kemungkinan besar tidak mengalami pilek,” jelas Prof Spector.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Kaitan Penyakit Autoimun Rheumatoid Arthritis dengan Risiko Sulit Hamil

Akan tetapi, tips ini hanya bisa memberikan perkiraan, bukan kepastian. Perlu dilakukan tes untuk memastikan apakah seseorang terkena Covid-19 atau tidak.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Menghadapi pilek dan Covid-19 di Musim Penghujan

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Di musim penghujan, orang-orang tak hanya dihadapkan dengan risiko penularan Covid-19 tetapi juga penyakit musiman seperti pilek dan flu. Terlebih, kasus pilek dan flu cenderung mengalami peningkatan di rentang waktu tersebut.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas bisa membantu menekan risiko penularan Covid-19, pilek, dan flu. Selain protokol kesehatan, penting juga untuk memperkuat daya tahan tubuh dengan cara menerapkan pola makan yang sehat.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi