Jumat, 19/04/2024 - 09:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BNBP: Perlu Upaya Minimalisasi Dampak Pembangunan IKN

ADVERTISEMENTS

BNBP sebut perlu upaya untuk meminimalisasi dampak pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan perlunya upaya untuk meminimalisir risiko dari dampak pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Raditya Jati dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan ditinjau dari aspek kebencanaan, IKN bukan ibu kota yang bebas dari risiko bencana.

ADVERTISEMENTS


Raditya mengatakan risiko tersebut dapat diminimalisasi dengan memperhitungkan pengurangan risiko bencana pada faktor pertumbuhan ekonomi dan tata ruang dalam setiap tahap pembangunannya agar tidak menimbulkan risiko yang lebih tinggi.

Berita Lainnya:
PUPR: Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN Beroperasi Fungsional Mulai Juli


“Konsep pengurangan risiko bencana di kawasan IKN harus dibangun untuk tujuan resiliensi berkelanjutan. Jika hal ini berhasil, konsep ini akan menjadi rujukan untuk kabupaten dan kota lain,” ujar Raditya


Dalam Seminar Nasional dengan mengangkat tema Ibu Kota Negara Tangguh Bencana yang diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (12/10), Raditya mengharapkan agar acara tersebut dapat menjadi sarana diseminasi informasi, membangun dialog sekaligus sebagai media pembelajaran bersama dalam membangun resiliensi IKN terhadap bencana, sejalan dengan Visi Indonesia Emas 2045.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Otorita IKN Rancang Pengembangan Wisata di Ibu Kota Baru


Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan bahwa pembangunan IKN memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.


Kegiatan seminar tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2022 yang dipusatkan di Provinsi Kalimantan Timur.


Seminar dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah, baik secara tatap muka maupun virtual dengan menghadirkan narasumber Direktur Pembangunan Daerah Bappenas, Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan Kebijakan Wilayah dan Sektor KLHK.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi