Jumat, 19/04/2024 - 16:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AFRIKAINTERNASIONAL

PBB Peringatkan Krisis Global Berdampak Perburuk Kelaparan di Afrika

ADVERTISEMENTS

Afrika mengandalkan pasokan gandum dari Rusia dan Ukraina

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

LONDON — Organisasi Pangan dan Pertanian PBB telah memperingatkan bahwa negara-negara Afrika menghadapi kekurangan pangan sebagai akibat dari krisis global yang menyatu, membatalkan kerja bertahun-tahun untuk memberantas kelaparan.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


FAO mengatakan krisis keuangan dan kekurangan biji-bijian yang dipicu  perang Rusia-Ukraina, perubahan iklim dan konflik internal semuanya memainkan peran dalam menciptakan ketidakstabilan pangan yang serius bagi jutaan orang. 

ADVERTISEMENTS


Sebanyak 44 persen gandum Afrika diimpor dari Ukraina dan Rusia sebelum perang pecah di bulan Februari. 


Wilayah yang paling parah terkena dampak adalah Tanduk Afrika, yang telah mengalami kegagalan musim hujan selama lima tahun berturut-turut. 


Somalia, yang sudah lama dilanda perang, adalah yang paling parah terkena dampaknya, bersama dengan negara tetangga Ethiopia dan Kenya. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pekan lalu, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Bantuan Darurat, Martin Griffiths, mengatakan, “Saya tidak ragu bahwa kita melihat kelaparan di jaga kita di Somalia, dan ini adalah yang pertama, saya khawatir, lebih banyak yang akan diumumkan di Horn. dari Afrika.” 

Berita Lainnya:
Putin: Serangan Gedung Konser adalah Intimidasi dari Ukraina


Somalia, Ethiopia, dan Kenya saat ini memiliki total 36,1 juta orang yang menderita akibat kekeringan, menurut Action Against Hunger, dan menghadapi ledakan kebutuhan.   


PBB percaya sebanyak 310 juta orang di seluruh Benua kemungkinan akan menderita kelaparan pada akhir dekade ini, naik dari 278 juta, atau hampir 20 persen dari total Afrika tahun lalu 


Asisten Direktur Jenderal FAO, Abebe Haile-Gabriel, mengatakan pada konferensi di ibu kota Ethiopia Addis Ababa pada hari Senin bahwa situasinya kritis, didorong oleh “kejutan yang tumpang tindih dan krisis yang berlarut-larut di Afrika,” termasuk Ukraina dan pandemi Covid-19.  

Berita Lainnya:
PBB Ungkap Otoritas Israel Masih Halangi Pengiriman Bantuan ke Gaza


“Afrika bergerak mundur dalam upayanya untuk mengakhiri kelaparan, kerawanan pangan, dan malnutrisi,” katanya. 


“Ini tidak berkelanjutan. Kecuali kita mengubah arah dan belajar bagaimana melakukan sesuatu secara berbeda dan lebih baik, situasinya tidak akan hilang atau menjadi lebih baik,” jelasnya 


Komisaris Uni Afrika untuk Pertanian, Josefa Sacko, mengatakan benua itu harus mengembangkan swasembada dalam produksi pangan di masa depan, dan sumbangan akan diperlukan untuk mencapai hal ini. 


“Kita harus membangun sistem pangan yang berkelanjutan dan tangguh yang dapat menahan guncangan di masa depan,” tambahnya dilansir dari Arab News, Rabu (12/10/2022). 


Presiden Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, Francesco Rocca, memperingatkan konferensi bahwa jutaan bisa mati di Tanduk Afrika dan Sahel kecuali lebih banyak uang tersedia untuk mencegah kelaparan itu.


 


 


Sumber: arabnews  

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi