Jumat, 19/04/2024 - 07:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Haedar: Mahasiswa Muhammadiyah Penting untuk Memiliki Almamater Pride

ADVERTISEMENTS

Dakwah Muhammadiyah yang dahulu ditentang, kini menjadi gerakan melembaga yang kuat

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA– Mahasiswa Muhammadiyah harus memiliki rasa kebanggaan pada almamater atau Muhammadiyah Pride. Mahasiswa universitas Muhammadiyah patut berbangga karena menjadi bagian dari ratusan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. “Kuliah di Muhammadiyah adalah pilihan membangun masa depan, bukan apa adanya,” kata  Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Hal itu disampaikan Haedar di hadapan civitas akademika UMJ dan 243 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dari seluruh Indonesia. Menurutnya, Muhammadiyah sudah menjalani kehidupan berdakwah lebih dari 1 abad. Muhammadiyah mengajak orang untuk tu’minuna billah atau transendensi yakni dakwah mengembangkan misi tajdid.

ADVERTISEMENTS


Dakwah Muhammadiyah yang dahulu menemui tantangan berupa tentangan dari masyarakat, kini tumbuh menjadi gerakan yang melembaga begitu kuat. “Tidak ada organisasi yang kuat sistem kelembagaannya dan menyebar luas kecuali Muhammadiyah,” kata Haedar ketika hadir pada Hari Bermuhammadiyah 3 dan meresmikan Masjid KH. M. Yunus Anis di Gedung Cendekia Center UMJ, Sabtu (15/10/2022).

Berita Lainnya:
Dijamin Kamu Nggak Nyesel, Pilih Kuliah Sarjana Jalur Beasiswa di Universitas Nusa Mandiri


Haedar menjelaskan Muhammadiyah menampilkan Islam sebagai diinul amal yakni  agama yang melahirkan perbuatan dan amaliyah nyata yang membawa kemajuan hidup. Amaliah yang bukan hanya bermanfaat bagi umat Islam tapi juga seluruh bangsa Indonesia tanpa memandang suku, agama, dan ras tertentu.


Haedar juga menandatangani prasasti peresmian masjid dan disaksikan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Abdul Mu’ti, M.Ed., Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A., Sekretaris BPH UMJ, Prof. Agus Suradika, M.Pd., Direktur Trans Jakarta M. Yana Aditya, SE., Akt., MM., Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod., M.Si. beserta jajarannya, dan seluruh civitas akademika UMJ. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Nama KH. M. Yunus Anis dipilih sebagai nama masjid diinisiasi  Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si. Yunus Anis merupakan tokoh Muhammadiyah yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum periode 1959-1962. “Saya sangat senang hari ini, bisa duduk bersama merayakan Hari Bermuhammadiyah bersama orang-orang hebat. Dalam rangka peresmian masjid ini saya sangat berterima kasih kepada seluruh civitas yang hadir dan menyaksikan peresmian ini,” jelas Ma’mun.

Berita Lainnya:
Prodi Magister Akuntansi FEB UMJ Raih Akreditasi Unggul


Haedar menjelaskan masjid memiliki banyak fungsi. Masjid sebagai tempat ibadah mahdhah yang memenuhi kebutuhan ruhaniah. Hubungan antara manusia dengan Tuhan yakni habluminallah akan selalu terjaga sebagai sumber kehidupan. Akhlak dan moral adalah hal utama yang dapat menjadi modal utama untuk membangun bangsa. Apabila masjid dapat difungsikan dengan baik maka akhlak dan moral yang terbentuk dalam diri masyarakat akan kuat, sehingga tidak ada lagi tindakan korup.


Rangkaian acara lainnya ialah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMJ dan PT Transportasi Jakarta. Lebih lanjut, penandatanganan dilakukan oleh Dr. Ma’mun Murod, M.Si. dan Saidu Solihin, S.E., M.M. (Direktur Keuangan dan Perencanaan Korporasi PT Transportasi Jakarta). Didampingi Prof. Abdul Mu’ti, M.Ed. (Ketua BPH UMJ) dan Dr. Muhammad Hadi, M.Kep. (Wakil Rektor I UMJ). 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi