Rabu, 24/04/2024 - 07:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Ketangguhan Pertanian Indonesia Menghadapi Krisis Global

ADVERTISEMENTS

Dunia mengalami krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Penulis:Abiyadun, Humas Kementerian Pertanian

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pandemi Covid-19 telah membuat ekonomi di semua negara terseok-seok. Pascapandemi Covid-19 hingga saat ini dan ke depannya, semua negara berharap bisa bangkit untuk segera melakukan pemulihan ekonomi. Namun harapan ini sangat berat diwujudkan karena dunia saat ini sedang tidak baik alias bersoal, bahkan tahun 2023 diprediksi dunia mengalami resesi ekonomi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Rabu (13/7/2022) dalam sebuah postingan blog menjelang pertemuan menteri keuangan dunia dan gubernur bank sentral di G20, Bali mengatakan prospek ekonomi global “Dark significant” bahkan dapat memburuk lebih lanjut. Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, kondisi ini mengakibatkan segalanya tak bisa diprediksi (unpredictable), bahkan berbagai teori yang ada tak mampu mengungkapnya.

ADVERTISEMENTS

Mengapa demikian? Karena alam tidak seperti sebelumnya, sangat tak bersahabat. Usai dunia dilanda Covid-19, kini dilanda climate change ekstrim. Kondisi ini tak bisa dikendalikan bahkan teknologi artificial intelligence sebagai teknologi yang sangat mutahir pun tak mampu mengantisipasinya dengan baik.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Presiden Jokowi baru-baru ini membeberkan dampak buruk climate change ini telah dirasakan di beberapa negara, terdapat 300 juta penduduk berada pada situasi kekurangan pangan akut dan kelaparan. Jika tidak ada solusi untuk mengatasi hal tersebut, Jokowi meramalkan jumlah orang yang terdampak bisa bertambah mencapai 800 juta orang.

Berita Lainnya:
Sektor Pertanian PR Utama, Tapi Tugas Ini tak Kalah Penting Menurut Pakar dari UGM

Selain cuaca ektrim, tantangan global yang menyulitkan perekonomian suatu negara saat ini adalah perang Rusia dan Ukraina serta melambungnya inflasi yang mengancam kelaparan dan kemiskinan meluas. Karena itu adanya tantangan global ini membuat dunia mengalami krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan, sehingga dunia diprediksi mengalami resesi di tahun 2023.

Mampukah Indonesia

Indonesia sebagai negeri Gemah Ripah Loh Jinawi, yakni memiliki tanah yang subur dan beragam pangan lokal apakah mampu menjalani kondisi sulit di atas? Ini adalah pertanyaan sederhana tapi faktanya memang diharapkan agar Indonesia dan masyarakat tidak ikut mengalami kegelapan akibat ancaman krisis global.

Untuk mengukur kemampuan Indonesia, tentunya kita harus merujuk pada data dan pengalaman ketika Indonesia bisa tangguh di masa pandemi Covid-19. Berkaca dari kondisi ini, dalam kurun waktu 2,5 tahun terakhir ini, Indonesia salah satu negara yang tangguh menghadapi dampak Covid-19. Mengapa bisa terjadi? Ini karena memiliki sektor pertanian yang tangguh, menjadi bantalan pertumbuhan ekonomi di saat sektor tak berdaya akibat dihantam Covid-19.

BPS mencatatkan, produksi beras domestik selama kurun waktu 2019-2021 mampu memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat, bahkan mengalami surplus, yaitu 54,42 hingga 54,65 juta ton gabah kering giling. Surplus ini merupakan kondisi yang stabil dan pada periode ini Indonesia mampu menghasilkan stok beras 10,2 juta ton dan juga selama 3 tahun tidak impor beras medium (konsumsi). Pada periode ini pun diikuti fluktuasi harga beras medium di tingkat konsumen yang relatif kecil, berkisar antara Rp11.575/kg hingga 11.875/kg dengan koefisien variasi kurang dari 1 persen.

Berita Lainnya:
Sektor Pertanian PR Utama, Tapi Tugas Ini tak Kalah Penting Menurut Pakar dari UGM

Pencapaian di masa pandemi corona ini tidaklah mudah. Sebab terjadi penurunan luas panen dan pasokan input produksi yang bersoal. Namun dengan terobosan peningkatan produktivitas, stok beras justru pengalami peningkatan bahkan surplus.

Produktivitas padi per hektar, pada tahun 2020 dan 2021 masing-masing sebesar 0,29% dan 1,9%. Tak ayal, BPS pun memperkirakan produksi beras sampai Oktober 2022 mencapai 28,70 juta ton dan surplus 3,44 juta ton.

Selanjutnya, sektor pertanian menjadi penyelamat ekonomi nasional pada tahun 2020. Walaupun di tahun tersebut Indonesia mengalami resesi ekonomi, tetapi resisinya tidak lebih dalam karena diselamatkan pertumbuhan sektor pertanian.

Melansir data BPS, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian tahun 2020 dan 2021 masing-masing sebesar 1,75% dan 1,90%. Sementara itu, pertumbuhan PDB nasional pada dua tahun tersebut masing-masing sebesar -2,07% dan 3,69%.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi