Ribuan Orang Turun ke Jalan Paris Protes Kenaikan Harga

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

Aksi mogok kerja menuntut kenaikan upah di kilang minyak sudah berlangsung lama.

ADVERTISEMENTS

 PARIS — Ribuan orang turun ke jalan-jalan Paris untuk memprotes kenaikan harga. Sementara aksi mogok kerja yang menuntut kenaikan upah di kilang minyak sudah berlangsung selama berminggu-minggu.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS


Pemimpin partai  La France Insoumise, Jean-Luc Melenchon berpawai bersama pemenang hadiah Nobel sastra Annie Ernaux. Ia mengajak masyarakat untuk menggelar pemogokan umum.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS


“Hidup ada selama satu pekan tidak pernah seperti sebelumnya, kami yang memulainya dengan aksi ini,” katanya pada pengunjuk rasa, Ahad (16/10/2022).

ADVERTISEMENTS


Melenchon mengikuti jejak empat serikat buruh yang mengajak mogok kerja dan protes untuk kenaikan harga. Serikat buruh terbesar Prancis yang berhaluan moderat, CFDT tidak menyerukan mogok kerja.

ADVERTISEMENTS


Empat serikat juga meminta pengunjuk rasa melindungi hak-hak mereka melakukan pemogokan. Setelah pemerintah memenuhi sejumlah permintaan pekerja kilang minyak, langkah yang menurut serikat buruh melanggar hak konstitusional mereka.

ADVERTISEMENTS


Pawai unjuk rasa digelar atas seruan koalisi parlemen NUPES yang berharap dapat membuka lembaran baru atas tuduh kekerasan dalam rumah tangga yang menerap anggota seniornya baru-baru ini.

ADVETISEMENTS


 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version