IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Waspada Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius pada Anak, Ini Ciri-cirinya

Kasus gangguan ginjal akut misterius.
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Gejala seperti batuk, pilek, dan demam segera bawa ke fasyankes.

YOGYAKARTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meminta masyarakat mewaspadai gejala gangguan ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak. Hal ini mengingat gangguan ginjal akut misterius tersebut sudah banyak ditemukan di DIY.

Dinkes DIY mencatat, gangguan ginjal akut tersebut sudah menyerang 13 anak-anak di seluruh DIY hingga Oktober 2022 ini. Bahkan, lima kasus di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie menjelaskan, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai masyarakat yakni munculnya gejala awal seperti batuk pilek, demam. Selain itu, juga muncul gejala tidak bisa buang air kecil.

Mayoritas, kata dia, untuk gejala tidak buang air kecil ini terjadi di hari ketiga atau hari kelima sejak anak mengalami gejala awal. “Mayoritas gejalanya itu di hari ketiga atau hari kelima urinnya mulai sedikit, bahkan bisa tidak bisa pipis atau tidak ada urinnya. Justru itu harus hati-hati, jangan-jangan memang ginjal itu tidak bisa berfungsi dengan baik lagi karena ginjalnya sudah memburuk. Itu serangannya infeksinya sudah ada di dalam ginjal itu,” kata Pembajun saat dikonfirmasi Republika, Senin (17/10).

 

Jika gejala tersebut ditemukan pada anak, Pembajun meminta agar segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat, meskipun baru ditemukan gejala awal. Hal ini agar anak segera tertangani, terlebih jika sudah mengarah ke gangguan ginjal akut misterius.

“Imbauan kami ibu dan bapak, prioritas ibu-ibu, pokoknya yang punya anak balita dan punya gejala tadi seperti batuk, pilek, demam dan ada infeksi, kemudian volume minum misalnya banyak karena kalau orang demam itu dianjurkan banyak minum supaya dia larut infeksinya, tapi kalau urinnya sedikit, maka harus segera dibawa ke fasyankes,” ujar Pembajun.

Meski gangguan ginjal akut misterius ini sudah ditemukan di DIY, Pembajun meminta agar masyarakat tidak panik. “Intinya masyarakat tidak perlu galau, khawatir atau panik, yang jelas jika ditemukan gejala-gejala seperti itu, maka baiknya segera mencari pertolongan, artinya segera ke fasyankes,” kata dia.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Waspada Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius pada Anak, Ini Ciri-cirinya
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!