IDAI tidak Anjurkan Setop Konsumsi Sirup Parasetamol, tapi …

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

IDAI sebut parasetamol adalah pilihan terakhir yang bisa diambil saat anak demam.

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mengklarifikasi pernyataannya terkait penyetopan penggunaan obat sirup parasetamol untuk anak. Ia mengaku tidak menganjurkan penghentian konsumsi sirup pereda nyeri dan demam tersebut melainkan mengedukasi aturan penggunaan obat.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Ini yang perlu diklarifikasi. Saya tidak anjurkan setop, apalah wewenang saya untuk menyetop. IDAI mengedukasi masyarakat dalam penggunaan obat-obatan agar lebih dahulu melakukan konsultasi ke dokter, jangan beli obat sembarangan,” ujar dr Piprim dalam siaran live di akun Instagram resmi IDAI, Selasa (18/10/2022) malam.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Dr Piprim menyerukan para orang tua untuk tidak perlu panik saat anak terserang demam dan batuk. Ia menjelaskan bahwa pemberian obat pereda demam seperti parasetamol adalah pilihan terakhir yang bisa diambil.

ADVERTISEMENTS

“Batuk pilek itu sebenarnya tidak butuh obat ya, bisa sembuh sendiri, karena demam itu sebenarnya mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir virusnya,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS

Bila anak demam, dr Piprim menganjurkan untuk tidak terburu-buru memberi obat. Demam anak bisa diredakan dengan kompres hangat.

ADVERTISEMENTS

“Kalau ada gejala demam batuk pilek, kami anjurkan cukup istirahat, banyak tidur, dan asupan cairan yang cukup (minum air putih),” jelas dr Piprim.

ADVETISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version