Jumat, 19/04/2024 - 11:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Masjid di Jerman Mengumandangkan Adzan Sholat Jumat untuk Pertama Kalinya

ADVERTISEMENTS

Masjid di Jerman diizinkan kumandangkan adzan meski dengan volume terbatas

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BERLIN — Untuk pertama kalinya, masjid terbesar di Jerman, Masjid Pusat Cologne, mengumandangkan adzan melalui pengeras suara pada hari Jumat (14/10/2022). Meskipun dengan volume yang masih terbatas hanya untuk masyarakat sekitar masjid. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Izin penggunaan pengeras suara untuk adzan sholat Jumat ini didapatkan setelah kesepakatan antara kota dan komunitas Muslim untuk melonggarkan pembatasan.

ADVERTISEMENTS


Panggilan untuk sholat, yang dikenal dalam bahasa Arab sebagai adzan akan dilakukan di bawah proyek percontohan dua tahun. 


Berdasarkan perjanjian tersebut, sekitar 35 masjid di Cologne akan diizinkan mengumandangkan adzan hingga lima menit pada Jumat antara waktu siang dan pukul 3 sore. Dengan catatan tidak mengganggu tetangga dan tidak melebihi tingkat kebisingan 60 desibel pada jarak 100 meter. 

Berita Lainnya:
Jerman Minta Iran tak Meningkatkan Ketegangan


Proyek ini diprakarsai Henriette Reeker, Wali Kota Cologne, yang sebelumnya mengatakan, “Mengizinkan muazin mengumandangkan adzan adalah tanda penghormatan bagi saya.” 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Masjid Pusat Cologne dibuka pada 2018 dengan dukungan dari Organisasi Komunitas Islam dan Uni Eropa Islam-Turki, dan pembukaannya dikritik karena hubungan langsungnya dengan Turki dan Recep Tayyip Erdogan. Sekitar 100 ribu Muslim dari berbagai negara tinggal di Cologne. 


Sebagaimana laporan media, pada 2018, pengadilan Jerman memerintahkan masjid-masjid untuk berhenti menyiarkan adzan jumatan setelah pengaduan dari pasangan Kristen yang tinggal sekitar satu kilometer (0,6 mil) jauhnya. 


Pasangan di kota Oer-Erkenschwick, dekat Dortmund, mengatakan panggilan muadzin melanggar hak-hak agama mereka. 

Berita Lainnya:
Menaksir Lawan Jenis Lalu DM, Termasuk Khalwat dan Haram? Ini Jawaban Syekh Ali Jum'ah


Meski diizinkan di ibu kota, Berlin, pada 2020 untuk mengumandangkan adzan selama masa merebaknya pandemi Covid-19 untuk meningkatkan moral warga, pihak berwenang kemudian memutuskan untuk melarang kembali adzan dengan dalih tidak sholat di masjid. 


Adzan merupakan pertanda masuknya waktu sholat bagi umat muslim. Adzan dilakukan sebanyak lima kali dalam satu hari. 


Adzan dikumandangkan oleh seorang muadzin. Dengan kata lain, adzan merupakan ajakan untuk memanggil umat Islam untuk melakukan sholat. 


Dikutip dari Aljazirah, Jerman adalah rumah bagi lebih dari lima juta Muslim, terhitung sekitar enam persen dari populasi. Cologne, yang terkenal dengan Katedral Domnya yang menjulang, memiliki lebih dari 100 ribu penduduk Muslim. 


 


Sumber: siasat  

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi