IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Capres KIB Diprediksi akan Ditentukan Lewat Musyawarah Mufakat

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa saling jabat usai me-launcing visi dan misi Koalisi Indonesia Bersatu di Hotel Shangri-la, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (15/8/2022).
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Ketum Golkar mengaku pembahasan capres-cawapres dimulai awal November.

JAKARTA — Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, memprediksi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggunakan mekanisme musyawarah dalam menentukan nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Ujang menuturkan kesepakatan dalam koalisi tersebut bahwa semua hal akan diketahui, dibahas, dan dilakukan bersama.

“Saya melihatnya akan menggunakan cara-cara musyawarah mufakat, saling pengertian, saling membangun kesetaraan,” katanya dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Menurutnya, partai anggota KIB sudah sepakat di awal ketika menandatangani MoU koalisi bahwa semua hal harus diketahui bersama. Semua hal harus dibahas bersama dan semua hal harus dijalankan bersama.

BACA JUGA:
Pengamat: Kinerja Tata Kelola dan Penegakan Hukum Erick di BUMN Pantas Dinilai 'A'

“Dalam konteks itu saya melihat ketiga partai akan bermusyawarah, merundingkan nama capres atau cawapresnya,” ujarnya.


Ujang memprediksi proses penentuan nama capres-cawapres menjadi tantangan tersendiri bagi KIB. Yakni pasangan calon yang bisa menghadirkan pasangan terbaik yang berpotensi untuk menang dan mampu bersaing dengan capres dan cawapres yang lain.


“Saya melihatnya tidak akan terlalu rumit karena menentukan capres-cawapres di KIB karena ada jalur musyawarah. Yang rumit itu adalah mencari capres-cawapres ideal,” tegasnya.

BACA JUGA:
Ricky Rizal Sebut Kuat Ma'ruf Sempat Bawa Pisau dan Kejar Brigadir J

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mulai melakukan pembahasan mengenai nama capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024 pada November nanti di wilayah Indonesia Timur.

Koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga disebut bakal memprioritaskan kader masing-masing untuk diusung sebagai capres. Penunjukan capres tidak dilakukan lewat mekanisme pemungutan suara atau voting, tetapi musyawarah untuk mencapai aklamasi.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Capres KIB Diprediksi akan Ditentukan Lewat Musyawarah Mufakat
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!