Sabtu, 25/05/2024 - 13:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Jangan Takut Menopause, Semua Perempuan akan Mengalaminya!

Menopause merupakan proses alami yang merupakan bagian dari penuaan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Presiden Perkumpulan Menopause Indonesia (Perminesia) dr Tita Husnitawati M mengatakan menopause adalah suatu proses aging atau penuaan yang harus disyukuri, bukan ditakuti. Penuaan pasti terjadi karena proses alami dan perempuan harus siap menghadapinya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Harus diantisipasi sejak muda,” ujar dr Tita dalam acara konferensi pers virtual dengan tema “Life After 40 Happy and Healthy”, Rabu (19/10/2022).

Menurut dr Tita, cara bersiap menghadapi menopause sederhana, murah, tidak sulit, dan praktis. Sementara manfaatnya bisa dirasakan jauh di kehidupan hingga tua.

Pertama, Anda harus bergaya hidup sehat sejak muda, sejak remaja, atau minimal sebelum usia 40 tahun. Kedua, beraktivitas dan menjalankan pergaulan positif serta hindari stes. Yang tidak kalah penting, mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Kelainan Tulang Belakang Skoliosis Sering Ditemukan pada Usia Remaja

Kemudian, jangan lupa berolahraga teratur. Olahraga berbeda dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jenis olahraga yang tepat adalah olahraga yang membuat lancar atau tidak menghambat pertukaran udara (aerobik),” tutur dr Tita.


Sebaiknya, olahraga dilakukan setiap hari selama 30 menit, minimal empat kali dalam sepekan. Sesuaikan jenis aktivitas dengan usia Anda.

ADVERTISEMENTS

Dr Tita juga mengingatkan untuk mengonsumsi nutrisi sehat dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin mineral, dan air. Ini harus dikonsumsi dalam jumlah yang baik dan seimbang.

ADVERTISEMENTS

Hindarkan pula kebiasaan buruk seperti merokok karena mengeluarkan radikal bebas yang merusak sel otak. Selain itu, hindari penggunaan obat terlarang.

Berita Lainnya:
Virus Cacar Monyet Bermutasi di Kongo, Jadi Lebih Menular, Lesi Terkonsentrasi di Genital


Jangan lupa hindari lingkungan yang tidak sehat, misalnya lingkungan berpolutan. Dengan begitu, ketika menua, kita terhindar dari berbagai penyakit, dan gangguan fungsi tubuh.

Selain gaya hidup, pengobatan untuk gejala menopause dapat dilakukan dengan pengobatan hormon. Akan tetapi, menurut dr Tita, pengobatan hormon untuk keluhan menopause bukan pengobatan utama untuk menopause.


“Lagi pula, bila ibu memiliki sindrom metabolik, obat tersebut tidak bisa digunakan.”

Penelitian terkini membuktikan bahwa pengobatan hormon relatif aman bila diberikan topikal melalui kulit, selaput lendir, atau vagina.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi