Kamis, 18/04/2024 - 16:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ketua KPU Bahas Persiapan Pemilu 2024 dengan Wiranto

ADVERTISEMENTS

Hasyim memaparkan isu strategis terkait Pemilu 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari menghadiri rapat terbatas bertajuk ‘Persiapan dan Kesiapan Menghadapi Pemilu 2024’ yang digelar Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Kantor Wantimpres, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Ketua Wantimpres Wiranto yang memimpin rapat tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam rapat itu, Hasyim memaparkan isu strategis terkait Pemilu 2024. Beberapa di antaranya adalah pemutakhiran data pemilih, permasalahan pendaftaran dan verifikasi partai politik, pencalonan anggota DPR dan DPRD, penataan daerah pemilihan, dan kampanye pemilu.

ADVERTISEMENTS

Selain memaparkan isu strategis, Hasyim juga memaparkan potensi permasalahan serta strategi pencegahan permasalahan hukum dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Strategi perlu disiapkan karena Pemilu 2024 merupakan pemilihan serentak sehingga sangat kompleks.

Berita Lainnya:
Menang Pilpres, Prabowo Berterima Kasih kepada Seluruh Rakyat Indonesia

“Modal yang membuat kita optimis adalah pengalaman menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2019 dan melaksanakan Pilkada 2020 dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Hasyim sebagaimana dikutip dari situs resmi KPU, Rabu (19/10/2022).

Wiranto menyampaikan, Pemilu 2024 perlu mendapat perhatian khusus di tengah berbagai isu domestik yang sedang terjadi di Tanah Air. “Suka tidak suka, mau tidak mau, pemilu merupakan mata rantai demokrasi kita, maka perlu mendapat perhatian khusus, karena bukan hanya menjadi sorotan domestik, namun sorotan dunia,” kata mantan Menkopolhukam itu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pada hari yang sama, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga menggelar rapat Persiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024, yang khusus membahas soal keamanan siber dan sebaran informasi di media sosial. Dalam rapat yang dihadiri perwakilan KPU-Bawaslu, TNI-Polri, BSSN dan sejumlah kementerian/lembaga lain itu, semua pihak sepakat untuk membentuk satuan tugas khusus (satgasus) siber.

Berita Lainnya:
Gerindra Dapat Dua Kursi, Ini Nama-Nama Caleg yang Lolos ke DPR di Dapil Jabar V

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, satgasus siber bertugas menindak konten-konten yang melanggar aturan seperti hoaks, disinformasi, dan SARA di ruang digital. Satgasus ini bekerja sebelum dan saat masa kampanye dimulai pada akhir 2023.

Terkait mekanisme kerjanya, Plate menjelaskan, setiap kementerian/lembaga yang tergabung dalam satgasus ini melakukan pengawasan siber di media sosial lewat tim siber masing-masing. Hasil pengawasannya lalu dikoordinasikan dengan anggota satgasus lain untuk ditindak segera.

“Ini semua disiapkan agar rakyat dapat berpartisipasi sehingga hasil pemilu nanti prosesnya legitimate, hasilnya legitimate, itu tujuannya,” kata Plate kepada wartawan usai rapat tersebut di kantornya, Jakarta, Selasa.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi