Kamis, 25/04/2024 - 13:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLABOLA NASIONAL

Pengamat: Kedatangan Presiden FIFA, Momentum Sepak Bola Indonesia Berbenah

ADVERTISEMENTS

Ini menunjukkan kalau FIFA punya perhatian kepada Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Presiden FIFA Gianni Infantino akhirnya tiba di Indonesia. Agenda pertama orang nomor satu di federasi sepak bola dunia ini adalah melakukan pertemuan khusus dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (18/10/2022) kemarin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pengamat sepak bola nasional Kesit Budi Handoyo mengatakan, kedatangan Presiden FIFA ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Jokowi menunjukkan kalau FIFA punya perhatian kepada Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Memang kedatangan Gianni Infantino dilakukan menyusul adanya tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang (data terbaru per 18 Oktober 2022),” ujar Kesit, Rabu (19/10/2022).

ADVERTISEMENTS

Menurut Kesit, kedatangan Infantino dapat menjadi momen bagi dunia sepak bola Indonesia untuk berbenah diri pasca-Tragedi Kanjuruhan. “Selain itu FIFA juga dapat memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya mengenai Kanjuruhan, serta langkah-langkah apa saja yang telah dan akan dilakukan Pemerintah Indonesia, serta PSSI,” dia menambahkan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Maguire akan Fit Saat MU Hadapi Conventry City di Semifinal Piala FA

Kesit, yang juga menjabat Sekretaris Umum PWI DKI Jakarta, menambahkan kesempatan ini berguna untuk menyampaikan apa saja yang masih menjadi persoalan sepak bola Indonesia. “Diharapkan FIFA dapat memberikan pendampingan terkait pembenahan yang akan dilakukan Indonesia.”

Mengenai peran aktif Erick Thohir dalam melakukan komunikasi dengan Presiden FIFA, Kesit mengungkapkan Erick memang mendapatkan mandat dari Presiden untuk menemui langsung Infantino. “Kita tahu kapasitas ET (Erick Thohir) di blantika sepak bola Eropa, karena dia pernah malang melintang sebagai Presiden Inter Milan.”

Berita Lainnya:
Declan Rice Tegaskan Perburuan Gelar Juara Liga Primer Inggris Belum Berakhir

Setidaknya, kata Kesit, hubungan baik antara ET dengan Infantino lebih memudahkan komunikasi antara Pemerintah Indonesia dengan FIFA. “Toh, buktinya, hasil dari pertemuan pendahuluan ET dan Infantino sebelumnya, bisa membawa Presiden FIFA itu ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden,” ujarnya.

Kedatangan Presiden FIFA itu tak terlepas lobi Menteri BUMN Erick Thohir yang diutus Jokowi untuk menemui Infantino dua pekan lalu di Doha, Qatar. Jaringan Erick di dunia sepak bola internasional adalah salah satu faktor yang membuat Presiden FIFA bersedia datang ke Indonesia. Tak hanya datang, berkat lobi Erick, FIFA akan terlibat dalam pembenahan sepak bola nasional usai Tragedi Kanjuruhan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi