IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Perut Membesar? Waspadai Masalah Hati

Perut membesar akibat perlemakan hati (ilustrasi).

Salah satu gejala memburuknya perlemakan hati nonalkoholik ialah pembengkakan perut.

JAKARTA — Penyakit perlemakan hati nonalkoholik bisa berkembang secara lebih agresif menjadi steatohepatitis nonalkohol (NASH). Ketika hal ini terjadi, salah satu gejala yang mungkin muncul adalah pembengkakan di area perut atau asites.

Penyakit perlemakan hati nonalkoholik merupakan penumpukan lemak berlebih pada hati yang tidak berkaitan dengan alkohol. Bila tidak ditemukan dan dikelola, penyakit ini bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih berat seperti sirosis dan gagal hati.

BACAAN LAIN:
Penipuan Berformat APK Marak, Ini Saran Pakar

Sebagian penderita penyakit perlemakan hati nonalkoholik juga bisa mengalami NASH. NASH merupakan bentuk penyakit perlemakan hati nonalkoholik yang agresif. Pasien NASH memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena sirosis, yaitu kondisi ketika organ hati telah dipenuhi oleh jaringan parut.

Salah satu tanda yang mungkin muncul ketika NASH terjadi adalah pembengkakan pada perut atau asites. Asites terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam perut. Asites jarang berkaitan dengan masalah kesehatan lain selain masalah hati.

BACAAN LAIN:
Apakah Dark Chocolate Sehat? Pahami Ini Sebelum Konsumsi

“Sekitar 80 persen kasus asites adalah akibat sirosis,” tutur Cleveland Clinic, seperti dilansir Express, Selasa (18/10/2022).

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Perut Membesar? Waspadai Masalah Hati
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!