Kamis, 25/04/2024 - 14:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

6 Kebiasaan Ini Buruk Pengaruhnya Bagi Kesehatan

ADVERTISEMENTS

Kebiasaan tertentu di keseharian ada yang membawa dampak merugikan bagi kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Sebagian orang mungkin tak terlalu memikirkan beragam kebiasaan yang kerap mereka lakukan dalam keseharian. Padahal, beberapa kebiasaan tersebut bisa saja membawa dampak buruk bagi kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ada cukup banyak ragam kebiasaan yang bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan dan sebaiknya dihindari. Berikut ini adalah enam kebiasaan di antaranya, seperti dilansir WebMD, Rabu (20/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menggigit kuku

ADVERTISEMENTS

Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan tanpa sadar adalah menggigit kuku. Kebiasaan ini tak hanya bisa merusak kulit di sekitar kuku, tetapi juga gigi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku juga cenderung lebih sering mengalami pilek atau beberapa penyakit lain, karena mereka terpapar oleh kuman dari jari-jari mereka. Salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan ini adalah dengan menjaga kondisi kuku tetap rapi.

Berita Lainnya:
Dokter Penipu yang Tawarkan Injeksi Otak untuk Sembuhkan Anak Autis Diburu Polisi Inggris


Bila kebiasaan ini dipicu oleh stres, coba lakukan beberapa upaya yang bisa membantu mengelola stres. Olahraga atau berkonsultasi dengan tenaga profesional bisa membantu meredakannya.

Menggunakan headphone dengan volume keras

Paparan suara yang terlalu keras dari headphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan telinga. Pengaturan volume headphone sebaiknya tak melebihi 75 desibel atau setara dengan suara vacuum cleaner.


Sebagai perbandingan, percakapan normal umumnya mengeluarkan suara sebesar 60 desibel. Pastikan juga untuk tidak menggunakan headphone lebih dari dua jam dalam satu waktu.

Orang yang terbiasa mendengar suara keras atau bising memiliki kemungkinan lebih besar untuk kehilangan indra pendengaran di saat lanjut usia. Kehilangan indra pendengaran di usia lanjut kerap berkaitan dengan masalah berpikir dan kehilangan jaringan otak.

Berita Lainnya:
Dikira Skizofrenia, Penderita Penyakit Ini Lihat Wajah Orang Jadi Mengerikan Seperti Setan

Berselancar internet sebelum tidur

Bersantai sebelum tidur sambil mencari hiburan di perangkat elektronik memang mengasyikkan. Akan tetapi, kebiasaan ini bisa membuat pengguna gawai terpapar sinar biru sesaat sebelum tidur.


Di samping bisa mengganggu tidur, paparan sinar apa pun di malam hari diketahui bisa berkaitan dengan kanker, khususnya kanker payudara dan prostat, diabetes, obesitas, serta penyakit jantung. Coba cari alternatif hiburan atau kegiatan penenang lain sesaat sebelum tidur.


Salah satu di antaranya adalah membaca buku. Pastikan pula kondisi ruangan gelap dan sunyi agar kualitas tidur lebih terjaga.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi