Sabtu, 20/04/2024 - 01:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Konsumsi Ini untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENTS

Minum banyak air sangat penting untuk kesehatan yang baik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA–Apa yang Anda makan memiliki korelasi langsung dengan apa yang Anda rasakan. Studi terbaru menunjukkan bahwa keseimbangan bakteri dalam usus Anda dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental Anda.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari greenerideal pada Rabu (19/10/2022), sebagai contoh, satu penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan tinggi makanan olahan dan gula lebih mungkin mengalami depresi dan kecemasan daripada mereka yang mengkonsumsi makanan yang lebih seimbang.

ADVERTISEMENTS


Penelitian lain telah menunjukkan bahwa mikrobiota usus dapat mempengaruhi otak dan perilaku kita dan bahwa jenis probiotik tertentu mungkin efektif dalam mengobati kondisi seperti depresi, kecemasan dan stres kronis.


Berikut adalah delapan kebiasaan makanan sehat yang akan membantu Anda menjaga Kesehatan Anda yaitu :


1. Minum Banyak Air

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Minum banyak air sangat penting untuk kesehatan yang baik. Air membentuk lebih dari 60 persen tubuh manusia dan terlibat dalam setiap fungsi tubuh, mulai dari membuang racun hingga membawa nutrisi ke sel-sel tubuh. Meskipun penting, banyak orang gagal untuk minum cukup air setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 75 persen orang Amerika mengalami dehidrasi kronis.

Berita Lainnya:
Mengenal Perbedaan Gerd dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya


2. Sarapan


Sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari karena sarapan memulai metabolisme dan memberi energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari. Sarapan yang sehat memberikan nutrisi tubuh untuk berfungsi dengan baik sepanjang hari. Ini mungkin termasuk telur, oatmeal, buah atau yogurt.


3. Makan dengan Penuh Perhatian


Makan dengan penuh perhatian berarti hadir saat Anda makan dan memperhatikan isyarat lapar, isyarat kenyang, dan bagaimana makanan membuat kita merasa secara fisik dan emosional.


Ketika Anda makan dengan penuh kesadaran, kita cenderung membuat pilihan makanan yang lebih baik dan cenderung tidak makan berlebihan atau membuat pilihan yang tidak sehat karena bosan atau tekanan emosional.


4. Penuhi Buah dan Sayuran


Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Usahakan untuk mengisi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran setiap kali makan.


Diet kaya buah-buahan dan sayuran telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker secara signifikan.


5. Masukkan Lemak Sehat


Lemak sehat sangat penting untuk kesehatan. Namun, banyak yang masih menghindarinya karena takut berat badan bertambah. Meskipun benar bahwa beberapa lemak dapat menyebabkan penambahan berat badan, tidak semua lemak diciptakan sama.

Berita Lainnya:
Jus Buah Dianggap Minuman tak Sehat oleh Ahli Kesehatan, Mengapa?


Faktanya, ada banyak jenis lemak sehat yang sebenarnya dapat membantu meningkatkan kesehatan kita dan mendorong penurunan berat badan.


6. Pilih Sumber Protein Tanpa Lemak


Protein tanpa lemak membantu Anda merasa kenyang lebih lama karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna daripada karbohidrat. Tapi, untuk memahami bagaimana makan protein tanpa lemak berkontribusi pada kesehatan, pertama-tama Anda harus memeriksa peran protein dalam tubuh Anda.


7. Hindari Makanan Olahan


Menurut penelitian terbaru, diet berat dalam makanan olahan telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan banyak makanan olahan lebih cenderung kelebihan berat badan atau obesitas dan berisiko lebih besar untuk mengembangkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.


8. Batasi Asupan Alkohol


Alkohol dapat merusak kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, dehidrasi dan kerusakan organ. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, moderasi adalah kuncinya.


Sumber :


https://greenerideal.com/food/healthy-food-habits-for-wellness/


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi