Jumat, 19/04/2024 - 07:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Si Burung Hitam, Seniman Muslim Serba Bisa Asal Baghdad

ADVERTISEMENTS

Dia tak hanya merevolusi musik, tetapi juga gaya hidup dan fashion.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Abul-Hasan Ali Ibn Nafí, yang dikenal sebagai Ziryab, lahir di Irak pada 789. Dia dijuluki Ziryab atau Burung Hitam karena suaranya yang indah dan kulitnya yang gelap.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


 

ADVERTISEMENTS


Dia adalah murid berbakat dari Ishaq al-Mawsili, seorang musisi terkenal di Baghdad dan favorit Khalifah Abbasiyah Harun Al-Rashid. Bakat dan keunggulan Ziryab dalam musik perlahan mulai mengambil alih posisi gurunya. Hal ini membawanya dekat dengan Khalifah dan istananya.


Al-Hakem, Khalifah Umayyah dan ayah dari Abd-Al-Rahman II mengundangnya ke Andalusia. Pada saat itu, Ziryab menetap di Kordoba pada tahun 822, di istana Khalifah Abd-Al-Rahman II. Kedatangannya bertepatan dengan keinginan yang diberikan oleh Abd-Al-Rahman II untuk kehidupan budaya baru, membawa Andalusia ke peradaban baru.

Berita Lainnya:
Sahabat Nabi SAW Ini Punya Ratusan Anak Keturunan, Ini Rahasianya


Di Kordoba, Ziryab menemukan kemakmuran, pengakuan atas seninya, dan ketenaran yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia menjadi penghibur istana dengan gaji bulanan 200 dinar emas di samping banyak hak istimewa.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


 


Promosi ini memberinya kesempatan besar untuk menyalurkan bakat dan kreasinya tanpa batasan apa pun. Dia tidak hanya merevolusi musik tetapi juga membuat perbaikan yang signifikan untuk gaya hidup dan fashion.


 


Di bidang musik, ia adalah orang pertama yang memperkenalkan kecapi (Al-U’d) ke Spanyol dan Eropa. Dengan Al-Kindi, ia melakukan penambahan senar bass kelima dan menggantikan plektrum kayu untuk pena elang. Di Spanyol, serta Afrika Utara, ia mengganti sistem nyanyian Madinah dengan Irak.

Berita Lainnya:
Hikmah Allah Menciptakan Air


 


Dia kemudian mendirikan konservatori pertama di dunia, yang mencakup pelajaran harmoni dan komposisi dan berkembang lebih jauh di abad-abad berikutnya. Ia menata ulang teori musik sepenuhnya, membebaskan parameter metris dan ritmis dan menciptakan cara ekspresi baru (rangkaian mwashah, zajal, dan nawbah).


 


Banyak orang, seperti Julian Ribera, bahkan mempertahankan bahwa tandingan dan polifoni pertama kali dikembangkan di Konservatorium Kordoba sekitar tahun 1000 M. Ziryab diketahui menyusun repertoar dengan 24 Nawbaat (vokal dan instrumental suite). Setiap Nuba adalah gabungan dari potongan vokal dan instrumental yang diatur dalam sembilan gerakan dan setiap gerakan memiliki ritmenya sendiri.


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi