Kamis, 25/04/2024 - 16:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Xi Jinping: Perkembangan Dunia Butuhkan China

ADVERTISEMENTS

Xi Jinping sebut China tidak dapat berkembang secara terpisah dari dunia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

BEIJING – Presiden China Xi Jinping berjanji akan memperdalam hubungan ekonomi dengan berbagai negara. Hal itu disampaikan Xi setelah dia mengamankan masa jabatannya yang ketiga sebagai presiden.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“China tidak dapat berkembang secara terpisah dari dunia. Perkembangan dunia juga membutuhkan China,” kata Xi kepada jurnalis lokal dan internasional setelah penutupan Kongres Partai Komunis China (PKC), Ahad (23/10/2022), dilaporkan Bloomberg.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Meski perekonomian China terpukul akibat pandemi Covid-19, Xi meyakinkan publik bahwa prospek pertumbuhan ekonomi negaranya tetap potensial. “Saat ini ekonomi China tangguh. Potensi ekonomi cukup besar. Ada ruang untuk bermanuver. Fundamental ekonomi jangka panjang yang sehat tidak akan berubah,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Presiden Xi Jinping dan Joe Biden Bahas Berbagai Isu via Telepon

Xi juga menjanjikan perubahan kebijakan ekonomi yang ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan, tapi tanpa memberikan penjelasan terperinci. “Kami akan dengan tegas memperdalam reformasi dan keterbukaan, dengan tegas mendorong pembangunan berkualitas tinggi,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di Kongres PKC, Xi telah mendorong “kebijakan sirkulasi ganda”, yakni sebuah upaya untuk melindungi China dari guncangan ekonomi serta sanksi Amerika Serikat (AS) sambil mempertahankan hubungan perdagangan dan investasi strategis dengan seluruh dunia. Xi menekankan bagian terakhir dari pendekatan ini dalam komentarnya kepada awak media. Dia mengatakan bahwa pembukaan ekonomi negara itu “akan lebih luas”.

Pernyataan singkat Xi kepada pers termasuk seruan kepada negaranya untuk mencapai “modernisasi gaya China”. Konsep itu mengacu pada upaya untuk mencapai status berpenghasilan tinggi tanpa mengikuti kebijakan ekonomi dan politik yang terlihat di negara maju.

Berita Lainnya:
Malaysia Gratiskan Jalan Tol untuk Pemudik, Hadiah Lebaran dari Pemerintah untuk Warga

Dalam laporannya kepada kongres, Xi telah menekankan bahwa pembangunan ekonomi adalah “prioritas utama” PKC. Namun dia mengingatkan bahwa pembangunan perlu diimbangi dengan keamanan nasional. Fokusnya selama lima tahun ke depan adalah mengembangkan teknologi strategis dan membatasi ketidaksetaraan.

Perekonomian China diperkirakan tumbuh sekitar 4,6 persen per tahun selama dekade berikutnya. Hal itu dapat terealisasi jika reformasi yang sudah diumumkan seperti menaikkan usia pensiun dan melonggarkan pembatasan tempat tinggal di kota-kota dilanjutkan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi