Selasa, 23/04/2024 - 20:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rishi Sunak Calon Unggulan Pengganti Liz Truss

ADVERTISEMENTS

Rishi Sunak mengatakan memiliki cukup dukungan untuk mengikuti pemungutan suara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

LONDON — Rishi Sunak menjadi kandidat unggulan sebagai perdana menteri Inggris yang baru setelah Boris Johnson mundur dari persaingan tersebut. Sunak mengatakan ia memiliki cukup dukungan untuk mengikuti pemungutan suara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ia menyadari Inggris dan Partai Konservatif yang berkuasa membutuhkan persatuan. Johnson langsung pulang dari liburannya di Karibia untuk mencoba dan mengamankan dukungan 100 anggota parlemen dalam persaingan menggantikan Liz Truss yang mundur pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia mengaku mendapatkan dukungan dari 102 anggota parlemen dan dapat “kembali ke Downing Street”. Tapi ia gagal membujuk Sunak atau kandidat lainnya, Penny Mordaunt untuk bersatu “dalam kepentingan nasional.”

ADVERTISEMENTS

“Saya yakin masih banyak yang dapat saya tawarkan tapi saya takut pada dasarnya ini bukan saat yang tepat,” kata Johnson saat mengumumkan mundur, Ahad (23/10/2022) kemarin.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Serang Israel, Begini Pernyataan Resmi Iran Lawan Negara Zionis Itu

Mantan perdana menteri itu hanya mendapatkan kurang dari 60 dukungan anggota parlemen dari Partai Konservatif. Tidak sampai setengah yang didapat Sunak yang didukung hampir 150 anggota parlemen.

Dalam perdagangan di Asia kini poundsterling lebih tinggi setengah sen lebih dari dolar AS. Dalam pernyataannya Johnson membuka jalan bagi Sunak yang merupakan mantan menteri keuangannya untuk menjadi perdana menteri.

Bila terpilih Sunak akan menggantikan Truss yang terpaksa mundur setelah program ekonomi yang ia luncurkan memicu gejolak di pasar keuangan. Berdasarkan peraturan, bila kandidat mendapatkan dukungan dari lebih dari 100 anggota parlemen, maka mereka akan terpilih sebagai perdana menteri.

Bila ada dua kandidat yang melampaui ambang batas itu, mereka akan menjalani pemilihan yang diikuti anggota partai. Pemenangnya akan diumumkan Jumat (28/10/2022) mendatang. Tepat beberapa sebelum menteri keuangan Inggris yang baru Jeremy Hunt akan memaparkan rencana anggaran pada 31 Oktober.

Berita Lainnya:
AS Bantah Gelar Serangan Udara ke Suriah 

Kekhawatiran Johnson dapat kembali menjadi perdana menteri dengan dukungan anggota partai dan bukan dari anggota parlemen menimbulkan perpecahan di partai berkuasa. Hunt mengumumkan dukungannya pada Sunak, Ahad (23/10/2022) kemarin.

Sejumlah mantan pendukung Johnson dapat beralih ke Mordaunt yang mencitrakan dirinya sebagai kandidat pemersatu. Tapi banyak juga yang beralih ke Sunak. Sumber yang dekat dengan Mordaunt mengatakan mantan menteri pertahanan itu akan melanjutkan kampanyenya.

“Ia adalah kandidat pemersatu yang paling mungkin menyatukan sayap-sayap Partai Konservatif,” kata sumber tersebut.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi