Kamis, 25/04/2024 - 14:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rishi Sunak Terpilih Jadi PM Inggris Gantikan Liz truss 

ADVERTISEMENTS

Rishi Sunak adalah tokoh kulit berwarna pertama yang menjabat PM Inggris.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 LONDON — Rishi Sunak akan menjadi perdana menteri baru Inggris setelah memenangkan kontestasi kepemimpinan di Partai Konservatif yang berkuasa. Dia bakal menjadi pemimpin kulit berwarna pertama di negara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Satu-satunya pesaing Sunak dalam perebutan kursi pemimpin di Partai Konservatif adalah Penny Mordaunt. Mordaunt yang merupakan pemimpin House of Commons dan mantan menteri pertahanan dilaporkan didukung oleh 30 anggota parlemen. Sementara Sunak yang pernah menjabat sebagai menteri keuangan memperoleh 150 dukungan suara.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Namun beberapa menit sebelum pemenang diumumkan, Mordaunt menyatakan mundur dari persaingan perebutan kursi pemimpin Partai Konservatif. Kemudian dia secara terbuka memberikan dukungan kepada Sunak. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Diserang Iran, Sirene dan Ledakan Terdengar di Seantero Israel


“Keputusan ini adalah keputusan bersejarah dan menunjukkan, sekali lagi, keragaman dan bakat partai kami. Rishi mendapat dukungan penuh saya,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Ini adalah masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Terlepas dari jadwal yang padat untuk kontes kepemimpinan, jelas bahwa rekan-rekan merasa kita membutuhkan kepastian hari ini. Mereka telah mengambil keputusan ini dengan itikad baik untuk kebaikan negara,” kata Mordaunt menambahkan.


Selain pemimpin kulit berwarna pertama, Sunak juga akan menjadi tokoh beragama Hindu pertama yang memimpin Inggris. Karena usianya masih 42 tahun, Sunak pun menjadi perdana menteri termuda dalam kurun lebih dari 200 tahun terakhir.


Sunak dan Mordaunt dikalahkan Liz Truss dalam perlombaan memenangkan kursi pemimpin di Partai Konservatif sebelumnya. Kontestasi di antara mereka terjadi setelah Boris Johnson menanggalkan jabatannya sebagai perdana menteri pada Juli lalu. Johnson menghadapi gelombang kritik karena foto-fotonya saat berpesta di tengah kebijakan karantina wilayah (lockdown) Covid-19 beredar luas.

Berita Lainnya:
Vokal Menentang LGBT, JK Rowling Dilaporkan ke Polisi, Dibela PM Inggris


Tongkat pemerintahan kemudian jatuh ke tangan Lis Truss. Pekan lalu, Truss mengundurkan diri. Dia menjadi perdana menteri Inggris dengan masa kepemimpinan tersingkat dalam sejarah, yakni 45 atau enam pekan. Truss mundur setelah rencana pemotongan pajaknya yang buruk plus kebijakan putar balik justru menjerumuskan pasar Inggris ke dalam kekacauan. Krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya menarik intervensi langka dari Bank of England.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi