IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Virus Covid-19 yang Terus Bermutasi Jadi Ancaman Baru Orang dengan Kondisi Autoimun

Infeksi Covid-19 bisa memperburuk kondisi orang dengan kondisi autoimun.

Infeksi Covid-19 bisa memperburuk kondisi orang dengan kondisi autoimun.

 JAKARTA — Orang dengan sistem kekebalan yang terganggu menghadapi ancaman baru karena virus omicron terus bermutasi lebih cepat. Laporan terbaru mengungkapkan munculnya subvarian omicron baru bisa menghindari Evusheld AstraZeneca, obat antibodi untuk mencegah infeksi Covid 19. Subvarian baru ini juga bisa menghindari satu-satunya obat antibodi yang tetap efektif sebagai pengobatan untuk -Covid 19, bebtelovimab Eli Lilly.


Dilansir dari The Guardian, Selasa (25/10/2022), seorang penduduk daerah Minneapolis, Mimi Razim-FitzSimons, memiliki putri, Laura (23 tahun), dengan kondisi autoimun langka yang menyebabkan dia membutuhkan ginjal baru. Laura sangat immunocompromised oleh obat yang digunakan untuk mencegah penolakan transplantasi. Dokter telah memperingatkan jika Laura terkena Covid 19, ini dapat memperburuk penyakit autoimunnya dan menyebabkan kerusakan ginjal yang parah.


Evusheld adalah injeksi antibodi kerja panjang yang diberikan setiap enam bulan yang menurut penelitian memberikan penyangga yang kuat untuk imunosupresi. Sebuah studi Israel terhadap populasi ini yang diterbitkan 29 Juli menemukan bahwa Evusheld dikaitkan dengan setengah insiden infeksi virus corona dan kemungkinan 92 persen lebih rendah untuk dirawat di rumah sakit atau kematian.


Para ahli medis mengeluh, sebenarnya telah sangat kurang digunakan di AS. Diperkirakan 7 juta orang dewasa AS mengalami gangguan kekebalan. Menurut Administrasi untuk Kesiapsiagaan dan Respons Strategis, sejak Evusheld menerima otorisasi daruratnya pada bulan Desember, hanya 582.361 dosis yang telah diberikan.


Untuk orang-orang seperti Laura, lapisan perlindungan tambahan Evusheld telah memberi mereka setidaknya sedikit kebebasan. Tahun ini, Laura telah muncul untuk sesekali menonton film atau makan di luar, serta perjalanan yang sangat dibutuhkan ke dokter gigi dan menemui dokter perawatan primernya. Setelah diturunkan ke kuliah online untuk gelar seninya, dia bahkan berharap untuk pindah ke pengalaman universitas secara langsung.


“Setiap bagian dari itu tidak ada artinya jika kita tidak memiliki perlindungan dari apa yang akan terjadi,” ujar Razim-FitzSimons.


Laura menghadapi kehidupan yang sangat kesepian yang hampir seluruhnya dihabiskan di rumah. Untuk saat ini, orang-orang yang mengalami gangguan kekebalan dengan cemas mengamati ramalan pandemi untuk melihat apakah subvarian yang menurut penelitian menghindari antibodi monoklonal akan menjadi dominan. Pada hari Rabu, Panel Pedoman Perawatan Covid 19 Institut Kesehatan Nasional mengeluarkan pernyataan bahwa prevalensi subvarian ini saat ini rendah atau sedang.


Epidemiolog khawatir Evusheld khususnya dapat memberikan sedikit perlindungan dalam satu atau dua bulan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan strain yang tampaknya resisten terhadap Evusheld atau bebtelovimab terus meningkat di AS.


Alarm telah berkembang di atas subvarian lain, yang disebut XBB. Sebuah makalah pracetak dari Universitas Peking di China yang diposting bulan lalu dan diperbarui 4 Oktober menemukan subvarian XBB menghindari Evusheld dan bebtelovimab.


Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan XBB, tampaknya adalah versi virus yang paling menghindari antibodi. Virus ini telah dilaporkan di 26 negara. Sekitar setengah persen dari urutan AS adalah XBB sekitar dua minggu lalu, meskipun proporsinya kira-kira dua kali lipat setiap minggu, menurut GISAID, database internasional virus influenza dan Covid.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Virus Covid-19 yang Terus Bermutasi Jadi Ancaman Baru Orang dengan Kondisi Autoimun
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!