Kamis, 25/04/2024 - 03:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Zelenskyy Kritik Netralitas Israel dalam Konflik Ukraina-Rusia

ADVERTISEMENTS

Menurut Zelenskyy, Israel yang tak dukung Ukraina mendorong kemitraan Rusia-Iran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

KIEV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengkritik netralitas Israel dalam menyikapi konflik antara Ukraina dan Rusia. Menurut Zelenskyy, keputusan para pemimpin Israel untuk tak mendukung Kiev telah mendorong kemitraan militer antara Rusia dan Iran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Aliansi mereka (Rusia-Iran) ini tidak akan terjadi jika politisi-politisi Anda hanya membuat satu keputusan pada saat itu, tampaknya itu diadopsi sejak lama, pada tahun 2014, ketika Rusia memulai agresi terhadap Ukraina,” kata Zelenskyy dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan surat kabar Israel, Haaretz, Senin (24/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Agresi tahun 2014 yang dimaksud Zelenskyy adalah ketika Rusia mencaplok Krimea. “Keputusan ‘tidak mengganggu’ Kremlin, tidak membantu Ukraina secara nyata, memungkinkan aliansi antara Moskow dan Teheran,” ucap Zelenskyy.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pensiunan Jenderal IDF: Israel Sudah Kalah, Masuki Rafah tak akan Berguna


Dia mengungkapkan, Rusia memesan sekitar 2.000 pesawat nirawak (drone) dari Iran. Drone-drone tersebut kemudian digunakan untuk melancarkan serangan ke Ukraina. “Suara drone Iran yang menjijikkan terdengar di langit kami setiap malam. Menurut intelijen kami, Rusia memesan sekitar 2.000 (tipe drone) ‘Syahid’ dari Iran,” ujar Zelenskyy.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Zelenskyy mengkritik Israel karena gagal menentang agresi Rusia dengan tegas. Terlepas dari kritikan Zelensky, posisi Israel sebenarnya mulai beranjak, dari hampir netral menjadi secara terbuka mengecam Rusia. Kendati demikian, Tel Aviv belum seperti Barat yang bersedia menyuplai persenjataan ke Ukraina.

Berita Lainnya:
Israel Masih Pikir-pikir untuk Balas Serangan Iran


Hal itu pun ditegaskan Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Benny Gantz saat bertemu Menhan Ukraina Oleksiy Reznikov pada Senin lalu. “Israel tidak akan menyediakan sistem senjata ke Ukraina,” ujar Gantz ke Reznikov.


Konflik Rusia-Ukraina telah berlangsung selama delapan bulan. Hingga kini kedua negara belum menunjukkan iktikad untuk melakukan perundingan dan mencapai resolusi konflik. Awal bulan ini, Moskow menegaskan mereka tidak menolak perundingan dengan Ukraina. Namun, Moskow menilai Barat yang menyokong Kiev tidak menghendaki perdamaian.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi