Sabtu, 20/04/2024 - 04:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Elektabilitas Golkar Nomor Tiga, Lembaga Survei: Airlangga Harusnya Nyapres Sendiri

ADVERTISEMENTS

Elektabilitas Airlangga juga relatif tinggi untuk kategori ketua umum partai politik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan elektabilitas atau tingkat keterpilihan Partai Golkar berada di posisi ketiga setelah PDIP dan Gerindra. Di saat yang sama, elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga tercatat relatif tinggi untuk kategori ketua umum partai politik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah mengatakan, elektabilitas Airlangga berada di posisi ketiga untuk kategori ketua umum parpol setelah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang meraih 11,8 persen, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebesar 29,2 persen. Namun, elektabilitas Airlangga mengungguli beberapa ketua umum parpol lainnya.

ADVERTISEMENTS


“Dengan elektabilitasnya itu, Airlangga sudah seharusnya nyapres sendiri,” kata dia dalam konferensi pers hasil survei yang dilakukan IPO, di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Berita Lainnya:
Lompatan PKB dan Masa Depan Politik NU


Dalam survei yang sama, dari sisi elektabilitas sebagai capres 2024, Airlangga meraih 4,6 persen, lebih unggul dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang meraih 2,4 persen. Juga masih di atas Ridwan Kamil yang meraih dukungan 3,8 persen untuk kategori gabungan partai politik.


Menurut Dedi, elektabilitas Partai Golkar serta Airlangga tidak terpengaruh oleh berbagai manuver politik menjelang Pilpres 2024. Partai Golkar, kata dia, menempati posisi ketiga dari hasil survei nasional dilakukan IPO pada periode 19-24 Oktober 2022.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dari hasil survei IPO tersebut, posisi Partai Golkar berada di urutan ketiga dengan meraih dukungan 9,3 persen ketika responden disodorkan pertanyaan, ‘jika hari ini diselenggarakan pemilihan anggota DPR RI, partai atau calon dari partai mana yang akan Bapak/Ibu pilih?’. 

Berita Lainnya:
Korban Rudapaksa Eks Ketua PSI Jakbar Diduga Lebih dari Satu, Tak Berani Lapor karena Diintimidasi


Dari pertanyaan itu, pilihan 1.200 responden yang menjadi sampel survei sebagian besar memilih PDIP dengan hasil 26,2 persen, kemudian Gerindra 12,4 persen. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.


Posisi Golkar juga tetap konsisten berada di tiga besar pilihan warga dari popularitas logo partai. Responden yang menjawab mengenal logo Partai Golkar sebesar 91,3 persen. Di posisi kedua yakni Gerindra 94,7 persen, dan PDIP di posisi pertama dengan skor 96,5 persen.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi