Jumat, 19/04/2024 - 17:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Elektabilitas Tinggi, Ridwan Kamil Berpotensi Dipinang KIB

ADVERTISEMENTS

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tinggi dan berpotensi dipinang KIB

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

BANDUNG — Hasil survei Litbang Kompas memperlihatkan elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di bursa Pilpres 2024 terus mengalami kenaikan signifikan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pada survei tersebut, Litbang Kompas memisahkan kandidat capres dengan elektabilitas di atas 10 persen dan di bawah 10 persen. Ridwan Kamil menduduki puncak pada kategori di bawah 10 persen. Ridwan Kamil melejit mencapai 8,5 persen. Sementara tokoh lainnya berada di bawah 3 persen.

ADVERTISEMENTS

Menurut Pengamat politik Unpad Firman Manan, survei tersebut menunjukan kenaikan elektabilitas Ridwan Kamil signifikan meski di atasnya masih ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Namun, kata dia, dari sejumlah survei yang digelar menunjukan Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil ini, figur calon presiden paling potensial dari Jawa Barat.

Berita Lainnya:
Heboh Zara Putri Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab Bikin Netizen Geleng-geleng...


“Kalau kita lihat figur Jawa Barat memang yang paling potensial adalah Kang Emil. Posisi gubernur saat ini, bagaimanapun itu mereseprentasikan (suara) warga Jabar,” ujar Firman, dihubungi wartawan, Rabu (26/10/2022).


Selain survei, kata dia, hal ini juga ditopang oleh mulai bermunculannya dukungan dari level elit maupun akar rumput di Jabar untuk Emil. “Jadi sejauh ini kalau bicara siapa figur Jabar yang paling potensial kelihatannya Kang Emil,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Firman mencatat kenaikan elektabilitas Emil dalam survei Litbang Kompas datang dari sejumlah faktor yakni kinerja dalam penanganan Covid-19 dan aktitifitas komunikasi politik.

Berita Lainnya:
Respons Atalia Praratya Tentang Hijab Zara Banjir Pujian, Tapi Kaget dengan Hal Ini


Firman mengatakan, yang menarik pada pertengahan tahun seakan-akan Ridwan Kamil sempat tenggelam, belakangan kembali muncul setelah komunkasi dengan partai intensif bahkan memperlihatkan keseriusan masuk partai.


“Sehingga pemberitaan kembali masif, nah itu jadi faktor yang membuat naik, teridentifikasi kembali oleh publik, itu juga yang menyebabkan elektabilitas meningkat dibandingkan dengan Sandiaga Uno dan AHY,” katanya.


Dengan modal elektabilitas, Firman melihat Emil memilki peluang dipinang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). “Kalau bicara peluang masih sangat terbuka artinya kan survei itu memotret hari ini dan ini masih dinamis, karena pilpres masih Februari 2024,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi