IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Erdogan Minta Reformasi di DK PBB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berpidato di sesi ke-77 Majelis Umum PBB, Selasa, 20 September 2022 di markas besar PBB.

Reformasi PBB diperlukan untuk membantu mencapai dunia yang lebih adil.

 ANKARA — Turki menyatakan komitmen akan terus mendukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Senin (24/10/2022), Ankara menaruh harapan reformasi terhadap Dewan Keamanan (DK) PBB untuk lebih baik.


Presiden Turki menekankan perlunya reformasi pada DK untuk membantu mencapai dunia yang lebih adil. “Jelas bahwa PBB harus mengambil peran yang lebih aktif dalam menyelesaikan krisis yang merenggut nyawa ribuan orang tak bersalah setiap hari, dan dalam memastikan pembangunan berkelanjutan,” kata Erdogan dalam sebuah pernyataan yang menandai peringatan Hari PBB ke-77 yang menandai mulai berlakunya Piagam PBB pada 1945.


Erdogan menekankan DK perlu lebih demokratis, lebih transparan, lebih aktif, dan lebih akuntabel. Sikap tersebut merupakan harapan yang dimiliki oleh komunitas internasional.


“Majelis Umum PBB di mana semua negara anggota terwakili secara setara dan yang mencerminkan kehendak bersama masyarakat internasional pasti harus diperkuat,” kata Erdogan.


Erdogan telah lama mengkritik sifat tidak representatif dari lima anggota tetap DK. Dia mendesak reformasi di bawah slogan “Dunia lebih besar dari lima.”


“Turki akan terus menjadi pendukung kuat dan pembela PBB, nilai-nilai yang diwakili oleh PBB, dan kegiatan PBB,” kata Erdogan menekankan peranan Turki di badan tersebut.


 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Erdogan Minta Reformasi di DK PBB
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!