Sabtu, 20/04/2024 - 02:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

SKI Apresiasi Keterbukaan Nasdem-Demokrat-PKS: Tradisi Baru Elite Politik

ADVERTISEMENTS

SKI menilai pertemuan terbuka Nasdem, Demokrat, dan PKS sangat positif

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA— Nuansa keterbukaan dalam pertemuan tim kecil Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS dengan Anies Baswedan di kediaman mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Selasa (25/10/2022) kemarin, mendapatkan apresiasi positif dari Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


”Pertemuan parpol dan Pak Anies berjalan dengan transparan. Keterbukaan itu menyiratkan adanya keinginan teman-teman di parpol untuk melibatkan publik dalam upaya menggerakkan perubahan,” ujar Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati, Rabu (26/10/2022) dalam keterangan tertulisnya. 

ADVERTISEMENTS


Menurut Jati, pertemuan politisi tiga parpol yang disebut-sebut bakal berkoalisi untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024 itu menorehkan tradisi baru dalam politik Indonesia. 

Berita Lainnya:
Prabowo: Tak Ada Euforia Meski Menang Pilpres 2024


Sebab, apa yang dilakukan ’trio’ Nasdem-Demokrat-PKS dinilai kontras dengan banyak pertemuan elite politik biasanya berlangsung tertutup dan minim informasi pada publik.  


”Kelompok tiga parpol itu membuka luas informasi dari setiap langkah politik mereka. Rakyat pun mendapatkan jalan yang lebar untuk terlibat dalam menata masa depan bangsa. Ini kemajuan penting dalam demokrasi kita,” lanjut Jati. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dia menilai keterbukaan politik Nasdem-Demokrat-PKS, termasuk dalam menentukan kriteria dan mekanisme pemilihan cawapres Anies Baswedan, dinilai tepat untuk menghindarkan embrio koalisi tersebut dari kemungkinan terjadinya politik transaksional. Sebab, dengan keterbukaan itu, rakyat ikut mengawasi setiap langkah politik yang mereka lakukan. 

Berita Lainnya:
Angin Kencang Picu Pohon Tumbang di 4 Lokasi Berbeda di Sukabumi


”Kami menangkap ada semangat kebersamaan dan kesetaraan yang ditunjukkan tiga parpol tersebut. Hal ini tentu menggembirakan para pendukung Pak Anies, karena diskusi tentang cawapres berlangsung secara rasional, dengan tujuan memilih yang terbaik,” ucap Jati.  


Kebersamaan dan kesetaraan yang ditunjukkan tiga parpol tersebut, jelas Jati, harus menjadi inspirasi bagi kelompok-kelompok masyarakat pendukung Anies Baswedan yang semakin banyak bermunculan di berbagai daerah. 


”Kami menyerukan agar semua potensi dikolaborasikan secara optimal. Perjuangan menuju perubahan ini memerlukan persatuan yang kokoh dari semua elemen, tidak bisa bergerak sendiri-sendiri,” kata dia.      

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi