Kamis, 25/04/2024 - 14:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemendag Gandeng ESQ Luncurkan Core Values BerAKHLAK

ADVERTISEMENTS

Hasil pengukuran ACHI di Kemendag berada pada kategori B atau cukup sehat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng ESQ melaunching Core Values ASN BerAKHLAK di lingkup Kemendag secara hybrid di Gedung Utama Kemendag dan Zoom Meeting. Dilansir dari Antara, Kamis (27/10/2022), acara yang diikuti tiga ribu ASN melalui Zoom Meeting dan seluruh eselon 1 hingga 2 secara luring tersebut, dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, dan Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Beberapa kali saya sudah sampaikan kepada eselon 1, kita sepakat bahwa negeri kita ini proses berbangsa dan bernegara ini dengan proses demokrasi. Sesungguhnya pemilik negeri ini adalah seluruh rakyat Indonesia. Sebab kedaulatan ada di rakyat itu,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dihubungkan dengan Core Values BerAKHLAK, Mendag mengingatkan bahwa tujuan bekerja adalah harus memihak kepada rakyat. “Agar mereka lebih makmur, lebih sejahtera dan lainnya. Sehingga seperti visi yang dicita-citakan bersama yaitu Indonesia Emas 2045 bisa terwujud. Oleh karena itu, kita sebagai pejabat pemerintah birokrasi sudah seperti mesin. Tapi dampaknya itu yang paling penting, berdampak kepada rakyat,” katanya.

ADVERTISEMENTS


Selanjutnya, Ary Ginanjar dalam paparannya menyampaikan bahwa seperti yang dikatakan oleh Mendag agar strategi-strategi dalam bekerja itu bisa memberikan dampak yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kejati Jakarta Tetapkan Satu Pihak Swasta Tersangka Korupsi Dana Pensiun Bukit Asam


“Artinya Pak Menteri punya visi misi yang harus diterapkan itu adalah target-targetnya. Serta punya misi yang harus terus dijalankan. Dan ada leaders yang akan menjalankan,” ujar Ary.


“Pak Menteri  punya strategi, struktur dan sistem, itu yang dijalankan. Lalu beliau mengelola SDM atau budaya kerja agar semuanya memberikan dampak kepuasan masyarakat akan pelayanan dari pejabat negara,” kata dia.


Ary kemudian menyampaikan bahwa sebagai tindaklanjut telah dicanangkannya Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu, Kemendag telah melakukan pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI) di lingkup Kemendag.


“Tujuan dilakukannya ACHI adalah untuk memberikan gambaran bagaimana kondisi budaya kerja di Kemendag sehingga hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam implementasi Core Values BerAKHLAK selanjutnya,” pungkas Ary.


Pada kesempatan itu , Men PANRB Abdullah Azwar Anas yang mengatakan bahwa kehadirannya secara langsung dalam acara ini selain dalam kapasitas sebagai Menteri PANRB juga sebagai sahabat lama. Dalam pandangannya Mendag adalah senior yang merupakan sosok istimewa.


“Saya juga baru saja menjadi Menteri, menjadi pemain pengganti. Sama seperti beliau, saya nyusul di belakang. Pak Menteri Perdagangan ini luar biasa, seorang yang memiliki tangan dingin dan pekerja keras,” ujarnya.


Terkait launching Core Values ASN BerAKHLAK di Kemendag, menurutnya akan menjadi energi baru bagi kantor ini untuk membawa core value yang baru. Sebagaimana diketahui banyak budaya lama di ASN yang sudah tidak sesuai.

Berita Lainnya:
Menang di MK, Prabowo Segera Temui Megawati dalam Waktu Dekat


“Kadang ada ASN gak ngerti datang mau ngerjain apa. Setiap hari datang tapi tidak jelas target apa output dan outcome-nya,” kata Anas.


Untuk itu, Anas yakin core values baru BerAKHLAK merupakan sesuatu yang bagus, terlebih dengan kehadiran Ary Ginanjar. Karena sosok Ary Ginanjar adalah guru baginya. Selama Azwar Anas menjadi Bupati tercatat melatih aparatnya untuk Training Pembentukan Karakter ESQ dalam beberapa angkatan.


“Guru kita, Pak Ary Ginanjar, saya senang sama-sama hadir di tempat ini. Saya yakin oleh Pak Ary, core values BerAKHLAK bisa dimaknai dan menjadi jati diri bangsa,” ujar dia.


Sementara itu, Sekjen Kemedag Suhanto menyampaikan bahwa dari hasil pengukuran ACHI di Kemendag berada pada kategori B atau cukup sehat. Berdasarkan pengukuran hasil tersebut Kemendag memiliki high positive energy yang dapat mendukung pencapaian kinerja di organisasi yang efektif dan efisien.


“Kementerian Perdagangan juga telah memiliki DNA of Organization, yaitu organisasi yang memperhatikan professional yang tergambar pada perilaku pegawai dan budaya kerja sehari-hari,” ungkapnya dihadapan para Eselon 1 dan 2 Kemendag.


Nilai-nilai dasar atau yang dikenal sebagai Core Values ASN “BerAKHLAK” merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Diluncurkan dengan tujuan menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN di Indonesia.

sumber : Antara

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi