Jumat, 26/04/2024 - 02:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Tiga Orang Pria Michigan Diputuskan Bersalah Atas Rencana Penculikan Gubernur

ADVERTISEMENTS

Rencana penculikan tumbuh dari kebencian pada peraturan pandemi Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

MICHIGAN — Juri pengadilan di Michigan memutuskan tiga orang pria bersalah atas kasus rencana penculikan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer pada 2020, lalu. Jaksa mengatakan, rencana itu tumbuh dari kebencian pada peraturan pandemi Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Setelah mendengar kesaksian selama dua pekan, juri Pengadilan Sirkuit Jackson County menemukan Joseph Morrison (28 tahun), ayah mertuanya Pete Musico (44), dan Paul Bellar (23) bersalah atas keterlibatan mereka dengan kelompok kriminal. Mereka melanggar Undang-Undang senjata api dan memberikan materi untuk aksi terorisme. Mereka dapat dihukum 20 tahun penjara.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tiga orang itu bagian dari puluhan pria yang ditangkap pada Oktober 2020, lalu. Mereka didakwa melanggar hukum negara bagian dan federal.  

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jepang Ungkap Detail Biaya untuk Perangi Rendahnya Angka Kelahiran

Keputusan pada Rabu (26/10/2022), merupakan kemenangan bagi jaksa negara bagian yang berpendapat para pria itu membantu dua orang lainnya yang pada Agustus lalu sudah dinyatakan bersalah atas rencana penculikan oleh pengadilan federal. Kasus ini merupakan kasus terorisme dan milisi domestik AS paling populer beberapa tahun terkahir.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di persidangan sebelumnya, Adam Fox dan Barry Croft Jr dinyatakan bersalah atas rencana menculik gubernur dari Partai Demokrat di kediaman liburannya. Vonis mereka mengikuti sidang pertama yang bergantung pada juri. Dua orang terdakwa dibebaskan selama proses itu.

Jaksa mengatakan, Morrison, Musico, dan Bellar anggota kelompok milisi yang bernama Wolverine Watchmen. Mereka berencana menculik gubernur di rumah liburannya dan menodongkan senjata untuk memaksanya menjalani ‘sidang’ atas tuduhan pengkhianatan.

Jaksa mengatakan, orang-orang itu berharap penculikan memicu pemberontakan dan perang sipil. Morrison dan Musico dituduh menggelar latihan taktis di properti mereka di daerah terpencil di Michigan.

Berita Lainnya:
Pengamat: Barat Kecam Iran, Abaikan Provokasi Israel

Bellar dituduh membuat rencana untuk manuver taktis, bahasa kode untuk mengaburkan komunikasi dan menyediakan amunisi. Detroit News melaporkan sementara pengacara para terdakwa mengatakan, kliennya tidak tahu rencana penculikan gubernur dan aksi mereka dilindungi Amandemen Pertama dan Kedua Konstitusi AS.

Pada bulan September lalu hakim federal mengurangi masa hukuman Ty Garbin yang dinyatakan bersalah berpartisipasi dalam rencana itu. Setelah kesaksiannya membantu memvonis Fox dan Croft.

Pada awal bulan ini, Keleb Franks yang juga dinyatakan bersalah dalam perannya membuat skema divonis empat tahun penjara. Ia saksi kunci atas kasus terhadap Fox dan Croft. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi