Sabtu, 20/04/2024 - 06:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

10 Nasihat Bijak Lukman untuk Putranya

ADVERTISEMENTS

Lukman al Hakim merupakan salah satu manusia yang terkenal karena nasihat bijaksana.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Lukman al Hakim merupakan salah satu manusia yang terkenal karena nasihat-nasihat bijaksananya kepada anak-anaknya. Karena kemuliaan akhlaknya, Allah SWT bahkan mengangkat derajatnya dengan mengabadikan namanya dalam Alquran.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari About Islam, berikut ini terdapat 10 nasihat-nasihat bijaksana Lukman kepada anaknya, yang dapat diikuti oleh setiap orang tua yang ingin membesarkan anak dalam cahaya Islam.

ADVERTISEMENTS


1. Hanya menyembah Allah SWT


“Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah. Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” 


Luqman menyebut putranya dengan “anakku” bukan dengan namanya, ini untuk menekankan ikatan keluarga. Serta untuk menarik perhatian anaknya agar mendengarkan secara seksama nasihat yang akan dia berikan. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Asal Usul Sunan Gunung Jati Penyebar Islam di Barat Pulau Jawa


Lukman kemudian memberikan putranya nasihat tentang yang paling penting di mata Tuhan, yakni tidak menyekutukan penciptanya.


2. Bersikap baik kepada orang tua


“Dan Kami telah memerintahkan manusia untuk berbakti dan baik kepada orang tuanya … (Quran 31:14)


Lukman juga berpesan kepada putranya, bahwa menghormati orangtua merupakan hal paling penting dalam Islam. Terutama kepada orangtua yang sering kota panggil dengan sebutan Ibu yang mengandung, merawat dan membesarkan anak-anaknya penuh kehangatan dan kasih sayang.


3. Ingatlah kebesaran Allah


“Wahai anakku! Sungguh jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu, atau di langit atau di bumi, Allah akan mengeluarkannya … (Al-Quran 31:16 )


Luqman kemudian menasehati anaknya untuk mengingat keperkasaan dan kekuasaan yang dimiliki Allah. Pengetahuan Tuhan itu sempurna, apapun yang terjadi atau akan terjadi di dunia ini sudah diketahui Tuhan.

Berita Lainnya:
Lima Tingkat Keimanan, di Tingkat Berapa Iman Kita? 


Keperkasaan Tuhan adalah mutlak dan tidak boleh dipertanyakan, ditantang atau diabaikan oleh siapapun.


4. Sholat 


“Wahai anakku! Laksanakanlah sholat dengan sempurna… (Quran 31:17 )


Lukman menasihati anaknya untuk tidak meninggalkan sholat dan agar sholat tepat waktu. Karena dengan sholat adalah cara kita berhubungan baik dengan Allah. Dengan sholat lima waktu, manusia juga bisa terhindar dari dosa karena selalu mengingat Tuhannya.


5. Mengajak pada kebaikan


“Wahai anakku! Laksanakanlah sholat dan suruhlah (manusia) berbuat yang ma’ruf dan cegahlah (mereka) dari segala yang mungkar.. (Quran 31:17 )


Amar ma’ruf nahi munkar adalah tanggung jawab setiap mukmin; penguasa dan rakyat, laki-laki dan perempuan, masing-masing menurut kemampuannya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi