Sabtu, 20/04/2024 - 03:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Upacara Sumpah Pemuda di Tugu Proklamasi, Tokoh Pemuda Maluku Umar Kei: Mari Obati Bangsa

ADVERTISEMENTS

Pemuda jaman sekarang harus lebih semangat dalam mengisi kemerdekaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Dalam .emperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2022, Tokoh Pemuda Maluku, Umar Kei mengikuti upacara dan menjadi pembaca teks sumpah Pemuda di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (29/10/2022). Umar mengatakan, sampai saat ini negara Indonesia masih dirundung berbagai masalah baik permasalahan sosial, politik hingga ekonomi. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Hadirnya pemuda, menurut Ketua Umum (Ketum) Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) ini, sangat tepat guna mengobati atau mencarikan solusi terhadap persoalan yang masih dihadapi oleh bangsa ini. 

ADVERTISEMENTS


“Bangsa ini hari ini sakit. Maka kita sebagai pemuda hadir untuk mengobati, menyembuhkan bangsa ini dari kesakitan ini.” ujar Umar Kei ditemui usai pelaksanaan upacara Sumpah Pemuda 2022 di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (29/10/2022).


“Pesan saya kepada seluruh masyarakat Indonesia, ayo sama-sama kita mengobati bangsa ini sembuh dari sakit.” lanjut Umar Kei. 

Berita Lainnya:
Legislator Usulkan Gudmurah Kodam Jaya di Ciangsana Direlokasi


Sebagai tokoh pemuda Maluku, Umar Kei mengatakan, peran pemuda Maluku dalam kemerdekaan Indonesia begitu penting. Hal itu ditunjukan oleh leluhur sekaligus pahlawan Maluku Patimura yang berperan memerdekakan NKRI. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Bangsa ini dimerdekan oleh pemuda-pemuda Maluku. Dahulu Maluku masuk dalam delapa  provinsi. Salah satu adalah leluhur kami yang memerdekakan bangsa ini yaitu Patimura. Maka hadirnya kami hari ini adalah Patimura-Patimura muda,” kata Umar Kei. 


Umar mengatakan, sebagai salah satu Provinsi di Indonesia, Maluku yang ikut memerdekakan kemerdekaan RI, masih belum merdeka betul secara hak asasi. Pemuda. Menurut dia, masyarakat Maluku masih saja dipandang sebelah mata.


“Negara ini sudah merdeka tapi hak asasi manusia yang belum merdeka, khususnya kami dari Provinsi Maluku hak asasi kami belum merdeka. Maka pesan saya kepada pemerintah pusat, jangan melihat kami pemuda Maluku sebelah mata. Dan bangsa ini merdeka maka merdekakan hak asasi kami,” kata Umar Kei. 

Berita Lainnya:
Peran NasDem 20 Persen dalam Pemenangan Prabowo


Senada dengan Umar Kei, Ketua DPP Pemuda Panca Marga Samsudin Siregar mengatakan, pemuda jaman sekarang harus lebih semangat dalam mengisi kemerdekaan.


“Sumpah pemuda hari ini meningkatkan semangat dimana pemuda jaman dulu sebelum RI merdeka semangatnya dahsyat. Jadi kita berharap pemuda sekarang semangatnya harus lebih dahsyat untuk mengisi kemerdekaan yang dimerdekan oleh para pendiri bangsa.” ujarnya.


“Pesan ke pemuda harus lebih aktif lagi karena jaman dulu dan sekarang berbeda secara teknologi dimana saat ini sudah jaman digital. Penjajahan saat ini masih berjalan baik penjajahan ekonomi, politik maupun kekuasaan. Jadi pemuda harus berperan aktif dalam menjaga kemungkinan-kemungkinan yang ada agar negara yang telah dimerdekan oleh orang tua kita, pendahulu kita bisa lebih maju sehingga menjadi kebanggaan bagi para pendiri bangsa dan negara ini,” kata dia menambahkan.


Sedikitnya 500 peserta dari beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) hadir dalam upacara hari Sumpah Pemuda di Tugu Proklamasi. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi