IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Kuasa Hukum Sebut Lukas Enembe Tunggu Kedatangan KPK di Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe.
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Lukas Enembe dan keluarga dipastikan akan bersikap kooperatif.

JAKARTA — Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) belum menetapkan waktu yang pasti terkait kunjungan ke Papua untuk memeriksa kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe. Namun, pihak Lukas mengaku tetap menanti kehadiran lembaga antirasuah tersebut.

“Kami masih menunggu kedatangan mereka (KPK),” kata kuasa hukum Lukas, Aloysius Renwarin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Rencana kedatangan KPK ke kediaman Lukas juga sekaligus untuk memeriksanya sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi di Papua. Menurut Aloysius, keluarga Lukas pun tak mempersoalkan hal ini. “Keluarga kooperatif,” ujar dia.

BACA JUGA:
Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Masih Unggul Meski Nasdem Sudah Deklarasikan Anies

Sementara itu, disebutkan, Lukas sempat menjalani pemeriksaan kesehatan dari tim dokter rumah sakit asal Singapura pada Ahad (30/10/2022). Dalam pemeriksaan ini, tim medis dari Rumah Sakit Dok Dua Jayapura juga ikut hadir.

Dokter Pribadi Lukas, Anton Mote menjelaskan, kedatangan tim dokter dari Singapura itu untuk melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap Lukas. Sebab, ia menyebut, Lukas harus menjalani beberapa tahapan medis untuk menjaga kesehatannya.

“Nanti akan ada pemeriksaan lanjutan karena pak gubernur masih dalam perawatan. Jadi bukan check up, mustinya, perawatan ini rutin dilakukan tiap hari, diobservasi oleh masing masing bidang, jantung, syaraf, ginjal tiap hari. Kalau pemeriksaan, dengan dokternya yang datang seperti ini, sangat tidak efektif, harusnya langsung (dilakukan) di fasilitas kesehatan,” jelas Anton.

Dari hasil pemeriksaan dokter Singapura, sambung dia, untuk pengobatan penyakit stroke yang sudah empat kali dialami Lukas Enembe, perlu dilakukan fisioterapi. Selain itu, diperlukan juga rujukan MRI.

BACA JUGA:
Hasto: Kehebatan Jokowi saat G20 Dikerdilkan Acara Relawan di GBK

“Sedangkan untuk penyakit ginjalnya (Lukas), perlu dilakukan crosscheck darah kembali. Untuk penyakit jantungnya, perlu diobservasi obat kembali,” ungkap Anton.

Sebelumnya diberitakan, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, KPK sudah melakukan persiapan untuk memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Papua. Kendati demikian, dia belum memastikan kapan timnya akan terbang ke Jayapura untuk melakukan pemeriksaan.

“Kita sudah melakukan persiapan… Waktunya saya belum memastikan kapan. Tapi kita pasti akan ke sana,” ujar Firli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Firli mengatakan, tim penyidik sudah berkoordinasi dengan tim Ikatan Dokter Indonesia terkait kunjungan KPK ke Jayapura. Terkait rencana KPK itu, Firli pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada masyarakat Papua yang mendukung upaya KPK dalam menegakkan hukum.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Kuasa Hukum Sebut Lukas Enembe Tunggu Kedatangan KPK di Papua
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!