Rabu, 24/04/2024 - 08:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLABOLA NASIONAL

PSSI di Ambang KLB, Bagaimana Nasib Shin Tae-yong yang Pernah Bilang akan Mundur?

ADVERTISEMENTS

Shin Tae-yong pernah menyatakan akan mundur jika Iriawan mundur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Isu Kongres Luar Biasa di tubuh PSSI terus menjadi topik hangat. Meski belum jelas kapan akan digelar, sejumlah pihak mulai memikirkan nasib dari Shin Tae-yong yang pernah menyatakan akan ikut mundur jika Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengundurkan diri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Adapun pelaksanaan KLB kemungkinan besar akan mengganti seluruh kepengurusan di bagan organisasi PSSI, termasuk Iriawan sebagai Ketua Umum.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Terkait hal ini, pengamat sepak bola Budi Setiawan, menyebut, Shin Tae-yong tidak harus meninggalkan posisinya, menyusul rencana mundur ketua umum PSSI Mochamad Iriawan. Apalagi, Shin Tae-yong terikat kontrak dengan federasi, bukan dengan Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Klopp Sebut Cedera Robertson tak Parah, Berpeluang Bela Liverpool Lawan Brighton


“Yang jelas Shin Tae-yong terikat kontrak. Tinggal dilihat dokumen kontraknya, apakah dengan PSSI atau dengan ketua umum,” ujar Budi, saat dihubungi republika.co.id Senin (31/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Budi, yang berasal dari Founder Football Institute menilai, kondisi ini bukan semata-mata aspek legal kontrak. Tapi lebih lanjut soal hubungan antara dua negara, yaitu Indonesia dan Korea Selatan. Apalagi, lanjut dia, Shin pernah berada satu meja dengan Presiden Jokowi saat kunjungan ke Korsel .


Selain itu, hasil survei Founder Football Institute menunjukkan bahwa suporter tidak suka jika dibenturkan isu Ketum PSSI mundur maka Shin Tae-yong juga ikut mundur. “Kami yakin Shin Tae-yong dapat melihat isu yang berkembang ini secara jernih dan jangka panjang,” kata Budi.

Berita Lainnya:
Maverick Viñales Berjaya di Sesi Sprint MotoGP AS


Sebelumnya, Shin Tae-yong membuat pernyataan mengejutkan. Dia menyatakan akan meletakkan jabatannya apabila Mochamad Iriawan mundur sebagai Ketua Umum PSSI.


Pernyataan tersebut disampaikan Shin Tae-yong melalui akun Instagram pribadinya pada Rabu (12/10/2022). “Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI,” tulis Shin Tae-yong kala itu.


“Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri,” kata dia menambahkan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi