IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Teka-teki Anak Ke-4 Ferdy Sambo dan Rumah Bangka Dibahas di Pengadilan

Saksi asisten rumah tangga terdakwa Putri Candrawathi, Susi memberikan keterangan saksi saat sidang lanjutan dengan terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J,  Richard Eliezer di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (31/10/2022). Dalam sidang tersebut, jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan sejumlah saksi yang terdiri dari asisten rumah tangga, aide de campe (ADC) atau ajudan, sekuriti, dan kakak kandung Ferdy Sambo. Saksi tersebut diantaranya Susi, Abdul Somad, Alfonsius Dua Lurang, Daryanto, Marjuki, Damianus Laba Kobam, Adzan Romer, Daden Miftahul Haq, Prayogi Iktara Wikaton, Farhan Sabilah dan Leonardo Sambo. Republika/Thoudy Badai
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Hakim banyak bertanya ke saksi tentang anak ke-4 Ferdy yang berusia 1,5 tahun.

JAKARTA — Majelis hakim mempertanyakan status anak ke-4 dari pasangan terdakwa Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo. Verifikasi tersebut ditanyakan langsung oleh Ketua Majelis Hakim Iman Wahyu Santosa kepada Susi, pembantu rumah tangga (ART) di keluarga Sambo.

Susi dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjadi saksi sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Joshua (J) atas terdakwa Bharada Richard Eliezer (RE), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (31/10/2022). Susi, di persidangan mengaku menjadi ART di rumah keluarga Sambo sejak Juli 2020.  

Susi semula masuk menjadi ART di rumah Bangka XI A, di Jakarta Selatan (Jaksel). Di Bangka, kata Susi, ada dua orang sebagai ART. Dirinya dan seseorang pembantu lainnya yang sering disapa sebagai Bi Ijah.

BACA JUGA:
PDIP Lama Deklarasikan Capres, Ini Kata Pengamat Politik

Hakim pun meminta Susi menerangkan siapa saja yang tinggal di rumah Bangka selain keluarga inti dari Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Susi mengatakan, ada empat ajudan yang tinggal di Bangka.

Yakni Brigadir J, Deden, dan Matius. Satu ajudan lainnya, yakni Lukas, dikatakan Susi berhenti. Selain itu, ada satu orang lainnya sebagai petugas keamanan yang bernama Damson. Namun, pada 2021 Susi dipindahkan ke rumah pribadi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Saguling III 29, yang juga masuk kawasan Jaksel. Hakim lalu bertanya tentang  umum kepada Susi perihal anggota Keluarga Sambo yang tinggal di rumah Bangka dan saat pindah ke rumah Saguling III.

“Berapa anaknya Ibu PC (Putri Candrawathi),” kata hakim kepada Susi. Susi menjawab ada empat orang.

BACA JUGA:
Dusun Kajar Kuning di Lumajang Tertutup Debu APG Semeru Hingga Tiga Meter


Tanpa pertanyaan lanjutan dari hakim, Susi langsung menjelaskan, urutan anak-anak dari majikannya tersebut. “Nomor satu Trisa Sambo, Tribrata Sambo, Datia Sambo,” terang Susi. Akan tetapi, pada saat menjelaskan anak keempat, Susi tampak jeda beberapa menit. Lalu menyebutkan nama anak keempat. “Arka,” kata Susi.

Saat menyebut nama Arka tersebut, tak ada nama belakang Sambo keluar dari kesaksian Susi. Lalu hakim menanyakan berapa usia Arka. Susi menjawab anak keempat majikannya itu baru berumur satu setengah tahun. Hakim bertanya anak keempat bernama Arka tersebut, lahir di mana. Susi menerangkan Arka lahir sebelum keluarga Sambo pindah ke Saguling III. “Mas Arka lahir di (rumah) Bangka,” terang Susi.

Lalu, hakim mempertajam pertanyaan lanjutan tentang hal tersebut. “Siapa yang melahirkan Arka?” tanya hakim. Susi tak menjawab. Butuh jeda hampir dua menit untuk Susi menjawab lugas pertanyaan hakim tersebut. Pun itu harus didorong dengan pernyataan bantuan oleh hakim sendiri.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Teka-teki Anak Ke-4 Ferdy Sambo dan Rumah Bangka Dibahas di Pengadilan
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!