IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Penggagas Nama Rabiul Akhir dan 3 Peristiwa Penting dalam Bulan Ini

Kalender (ilustrasi). Rabiul Akhir merupakan salah satu bulan dalam penanggalan Hijriyah
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Rabiul Akhir merupakan salah satu bulan dalam penanggalan Hijriyah

JAKARTA- Rabiul Akhir merupakan bulan keempat, yang terletak antara Raibul Awal dan Jumadil Awal dalam penanggalan Hijriyah.  


Pada era pra- Islam, Rabiul Akhir dikenal dengan sebutan Wubshan, sedangkan bulan sebelumnya disebut sebagai Khawwan. 


Konon, yang pertama kali mengistilahkannya Rabiul Akhir ialah Kilab bin Murrah. Ia merupakan kakek buyut Nabi Muhammad SAW. 


Penamaan itu merujuk pada peristiwa alam, yakni datangnya musim semi (rabi’) di Jazirah Arab. Biasanya musim tersebut berlangsung selama dua bulan penuh sehingga muncul istilah rabi’ yang awal dan terakhir.  


Ada berbagai momen historis yang terjadi pada Rabiul Akhir. Di antaranya  yang pertama turunnya Alquran surat al-Hasyr. 


Nama surat tersebut berarti ‘pengusiran.’ Itu merujuk pada kaum Yahudi Bani Nadhir yang harus terusir dari Madinah al-Munawwarah. 


Sebab, mereka melanggar perjanjian damai dengan Muslimin. Poin pelanggaran terparahnya adalah rencana mereka yang hendak membunuh Rasulullah SAW. Suasana peristiwa itu tergambar dalam ayat kedua surat al-Hasyr. 

BACA JUGA:
Israel Kecam Film di Netflix Kisahkan Pembantaian Keluarga Palestina pada 1948


هُوَ الَّذِي أَخْرَجَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِأَوَّلِ الْحَشْرِ ۚ مَا ظَنَنْتُمْ أَنْ يَخْرُجُوا ۖ وَظَنُّوا أَنَّهُمْ مَانِعَتُهُمْ حُصُونُهُمْ مِنَ اللَّهِ فَأَتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوا ۖ وَقَذَفَ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ ۚ يُخْرِبُونَ بُيُوتَهُمْ بِأَيْدِيهِمْ وَأَيْدِي الْمُؤْمِنِينَ فَاعْتَبِرُوا يَا أُولِي الْأَبْصَارِ


Artinya, “Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara Ahli Kitab dari kampung halamannya pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka bahwa mereka akan keluar dan mereka pun yakin, benteng-benteng mereka akan dapat memper tahan kan mereka dari (siksaan) Allah; maka Allah mendatangkan (siksaan) kepada mereka dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan.” 


Selanjutnya, momen kedua yang tercatat berlangsung pada bulan Rabiul Akhir adalah diutusnya Khalid bin Walid. Nabi Muhammad SAW mengutus sosok yang berjuluk Pedang Allah (Saifullah) itu kepada Bani Harits bin Ka’b, salah satu kabilah penting di Jazirah Arab.

BACA JUGA:
Israel Kecam Film di Netflix Kisahkan Pembantaian Keluarga Palestina pada 1948


Khalid berdakwah dengan penuh kesabaran dan teladan di sana. Pada akhirnya, banyak orang Bani Harits yang memeluk Islam. Peristiwa itu terjadi pada Rabiul Akhir sekira tahun ke-10 Hijriyah.


Demikianlah salah satu jasa sang sahabat Rasul SAW. Ia terus berjuang di jalan jihad fii sabilillah hingga dirinya wafat pada 21 H. 


Momen yang ketiga, Rabiul Akhir juga menjadi momen haul seorang ulama besar di bidang tasawuf. Ia adalah Syekh Abdul Qadir al-Jailani (1077-1166 M).


Penerus Imam al-Ghazali dalam Gerakan Islah itu meninggal dunia di Baghdad, Irak, pada 11 Rabiul Akhir 561 H. 


Legasi sang waliyullah terasa bahkan hingga saat ini. Di Tanah Air, berbagai majelis taklim selalu membuka atau menutup kajian dengan memanjatkan doa-doa kebaikan bagi Syekh Abdul Qadir. Tokoh ini bergelar Raja Para Wali.    

sumber : Harian Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Penggagas Nama Rabiul Akhir dan 3 Peristiwa Penting dalam Bulan Ini
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!