Jumat, 19/04/2024 - 06:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Penggagas Nama Rabiul Akhir dan 3 Peristiwa Penting dalam Bulan Ini

ADVERTISEMENTS

Rabiul Akhir merupakan salah satu bulan dalam penanggalan Hijriyah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA- Rabiul Akhir merupakan bulan keempat, yang terletak antara Raibul Awal dan Jumadil Awal dalam penanggalan Hijriyah.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pada era pra- Islam, Rabiul Akhir dikenal dengan sebutan Wubshan, sedangkan bulan sebelumnya disebut sebagai Khawwan. 

ADVERTISEMENTS


Konon, yang pertama kali mengistilahkannya Rabiul Akhir ialah Kilab bin Murrah. Ia merupakan kakek buyut Nabi Muhammad SAW. 


Penamaan itu merujuk pada peristiwa alam, yakni datangnya musim semi (rabi’) di Jazirah Arab. Biasanya musim tersebut berlangsung selama dua bulan penuh sehingga muncul istilah rabi’ yang awal dan terakhir.  


Ada berbagai momen historis yang terjadi pada Rabiul Akhir. Di antaranya  yang pertama turunnya Alquran surat al-Hasyr. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Nama surat tersebut berarti ‘pengusiran.’ Itu merujuk pada kaum Yahudi Bani Nadhir yang harus terusir dari Madinah al-Munawwarah. 


Sebab, mereka melanggar perjanjian damai dengan Muslimin. Poin pelanggaran terparahnya adalah rencana mereka yang hendak membunuh Rasulullah SAW. Suasana peristiwa itu tergambar dalam ayat kedua surat al-Hasyr. 

Berita Lainnya:
Tiga Hal yang Membuat Nabi Ibrahim Menjadi Kekasih Allah SWT


هُوَ الَّذِي أَخْرَجَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِأَوَّلِ الْحَشْرِ ۚ مَا ظَنَنْتُمْ أَنْ يَخْرُجُوا ۖ وَظَنُّوا أَنَّهُمْ مَانِعَتُهُمْ حُصُونُهُمْ مِنَ اللَّهِ فَأَتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوا ۖ وَقَذَفَ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ ۚ يُخْرِبُونَ بُيُوتَهُمْ بِأَيْدِيهِمْ وَأَيْدِي الْمُؤْمِنِينَ فَاعْتَبِرُوا يَا أُولِي الْأَبْصَارِ


Artinya, “Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara Ahli Kitab dari kampung halamannya pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka bahwa mereka akan keluar dan mereka pun yakin, benteng-benteng mereka akan dapat memper tahan kan mereka dari (siksaan) Allah; maka Allah mendatangkan (siksaan) kepada mereka dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan.” 


Selanjutnya, momen kedua yang tercatat berlangsung pada bulan Rabiul Akhir adalah diutusnya Khalid bin Walid. Nabi Muhammad SAW mengutus sosok yang berjuluk Pedang Allah (Saifullah) itu kepada Bani Harits bin Ka’b, salah satu kabilah penting di Jazirah Arab.

Berita Lainnya:
Cinta kepada Nabi Muhammad SAW Syarat Cinta Allah SWT, Begini Penjelasannya


Khalid berdakwah dengan penuh kesabaran dan teladan di sana. Pada akhirnya, banyak orang Bani Harits yang memeluk Islam. Peristiwa itu terjadi pada Rabiul Akhir sekira tahun ke-10 Hijriyah.


Demikianlah salah satu jasa sang sahabat Rasul SAW. Ia terus berjuang di jalan jihad fii sabilillah hingga dirinya wafat pada 21 H. 


Momen yang ketiga, Rabiul Akhir juga menjadi momen haul seorang ulama besar di bidang tasawuf. Ia adalah Syekh Abdul Qadir al-Jailani (1077-1166 M).


Penerus Imam al-Ghazali dalam Gerakan Islah itu meninggal dunia di Baghdad, Irak, pada 11 Rabiul Akhir 561 H. 


Legasi sang waliyullah terasa bahkan hingga saat ini. Di Tanah Air, berbagai majelis taklim selalu membuka atau menutup kajian dengan memanjatkan doa-doa kebaikan bagi Syekh Abdul Qadir. Tokoh ini bergelar Raja Para Wali.    

sumber : Harian Republika

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi