Kamis, 25/04/2024 - 04:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korut Tembakan Enam Rudal Lagi Hari Ini

ADVERTISEMENTS

Korut menembakan total sekitar 100 peluru artileri ke Laut Timur dalam waktu 7 jam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 SEOUL — Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, Korea Utara (Korut) menembakkan enam rudal tambahan di lepas pantai timur dan baratnya, Rabu (2/11/2022). Peluncuran ini dilakukan setelah Pyongyang meluncurkan 17 rudal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Penjaga pantai Jepang juga mengatakan, bahwa Korut menembakkan setidaknya satu kemungkinan rudal balistik jarak pendek ke arah timurnya. Tembakan itu terbang pada ketinggian yang sangat rendah di bawah maksimum 50 kilometer.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dalam laporan terbaru dikutip laman Yonhap, Rabu, Korut menembakan total sekitar 100 peluru artileri ke Laut Timur dalam waktu tujuh jam selama Rabu. Kepala Staf Gabungan (JCS) mengatakan Korut meluncurkan empat rudal balistik jarak pendek (SRBM) ke Laut Kuning dari Provinsi Pyongan Utara sekitar pukul 06.51.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Cerita Horor di Crocus City Hall


JCS juga mendeteksi penembakan tiga SRBM oleh Korut dari sebuah situs di atau sekitar kota pesisir timur Wonsan sekitar pukul 08.51. Salah satunya mendarat di dekat perairan teritorial Korsel. Ini adalah pertama kalinya sebuah rudal balistik mendarat di dekat perairan Korsel sejak semenanjung itu terbagi pada tahun 1945. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Militer Korsel juga melihat lebih dari 100 peluru artileri ditembak dari Daerah Kosong, Provinsi Kangwon, ke zona penyangga timur yang ditetapkan berdasarkan perjanjian militer antar-Korea yang ditandatangani pada 19 September 2018 untuk mengurangi ketegangan perbatasan, sekitar pukul 13.27.


Uji coba hari ini adalah penembakan rudal yang paling banyak ditembakkan oleh Korut dalam satu hari. Korsel mengirim pesan peringatan resmi ke Korut yang mendesak rezim Kim Jong-un untuk segera menghentikan semua provokasi. Korsel pun mengeluarkan peringatan serangan udara yang langka dan meluncurkan rudalnya sendiri sebagai tanggapan.

Berita Lainnya:
EU: Korut, Hentikan Provokasi, Mulai Dialog


Rudal itu mendarat di luar perairan teritorial Korsel, tetapi di selatan Garis Batas Utara (NLL) atau perbatasan maritim antar-Korea yang disengketakan. “Pesawat-pesawat tempur Korsel menembakkan tiga rudal udara-ke-darat ke laut utara melintasi NLL sebagai tanggapan,” kata militer Korsel.


Seorang pejabat mengatakan senjata yang digunakan termasuk AGM-84H/K SLAM-ER, yang merupakan senjata serangan presisi “stand-off” buatan AS yang dapat terbang hingga 270 km (170 mil) dengan 360 kg (800- pon) hulu ledak.


Peluncuran Korsel dilakukan setelah kantor Presiden Yoon Suk-yeol berjanji akan memberikan tanggapan yang cepat dan tegas. “Provokasi Korea Utara hari ini adalah tindakan efektif perambahan teritorial oleh rudal yang menembus NLL untuk pertama kalinya sejak divisi (kedua Korea),” kata seorang pejabat senior di kantor Yoon kepada wartawan. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi