Selasa, 23/04/2024 - 13:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Erdogan: Ekspor Biji-bijian Laut Hitam Prioritaskan Afrika

ADVERTISEMENTS

Ekspor ke Arfika sesuai kesepakatan antara Turki, Ukraina, dan Rusia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 ANKARA — Kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam atau Black Sea Grain Initiative akan memprioritaskan negara-negara Afrika yang membutuhkan. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Rabu (2/11/2022), keputusan itu sesuai dengan yang disepakati dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Situasi di Djibouti, Somalia dan Sudan sama sekali tidak baik. Jika ada masalah di negara kurang berkembang lainnya, kami akan melakukan pengiriman ke negara-negara ini,” kata Erdogan dikutip dari Anadolu Agency.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Baik pemimpin Rusia dan Ukraina mendekati Turki secara positif mengenai masalah ekspor biji-bijian. “Kami menjawabnya secara positif,” ujar Erdogan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Rusia Selidiki Keterlibatan Ukraina, AS, dan Negara Barat Lain dalam Serangan Teroris


Pada 22 Juli, Turki, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Rusia, dan Ukraina menandatangani perjanjian di Istanbul. Perjanjian ini untuk membuka ekspor gandum Ukraina melalui Laut Hitam yang dihentikan sementara setelah perang Rusia-Ukraina dimulai pada Februari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pekan lalu Rusia mengumumkan akan menangguhkan partisipasinya dalam Black Sea Grain Initiative. Tindakan ini diambil karena dugaan serangan Ukraina terhadap armada Laut Hitam di pelabuhan Sevastopol.


Tapi, Turki dan Rusia mengumumkan pada Rabu, implementasi Black Sea Grain Initiative kembali berjalan dan akan dilanjutkan. Keputusan ini setelah Ankara dan PBB melakukan mediasi.


Selain masalah keberlanjutan Black Sea Grain Initiative, Erdogan pun membahas masalah pasokan energi dengan Moskow. Dia mengatakan, Ankara dan Moskow sedang mengerjakan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) ketiga, tanpa menyebutkan lokasinya.

Berita Lainnya:
Rusia: Israel Langgar Hukum Internasional dengan Serang Konsulat Iran di Suriah


Perjanjian antar pemerintah ditandatangani antara Turki dan Rusia pada Mei 2010 untuk PLTN Akkuyu. Fasilitas ini yang akan memiliki empat reaktor daya tipe VVER-1200 dengan total kapasitas terpasang 4.800 megawatt.


Bulan lalu, perusahaan nuklir negara Rusia Rosatom memulai negosiasi dengan Turki untuk pembangunan PLTN di kota Sinop, Turki, di pantai Laut Hitam. Pembangkit listrik tenaga nuklir Sinop akan menjadi proyek nuklir kedua negara itu setelah PLTN pertama negara itu, proyek Akkuyu yang sedang dibangun.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi