Selasa, 16/04/2024 - 14:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Mengeluarkan Kelebihan Harta Lebih Baik daripada Menahannya

ADVERTISEMENTS

Hal itu sesuai dengan perintah Allah yang disampaikan Nabi Muhammad SAW.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Jika kita mendapat kelebihan harta yang diberikan Allah SWT, maka keluarkanlah. Hal itu sesuai dengan perintah Allah yang disampaikan Nabi Muhammad SAW.

ADVERTISEMENTS


Nabi Muhammad SAW bersabda: “Wahai anak adam, jika engkau memberikan keutamaan kepada yang lain sesungguhnya itu lebih baik bagimu, dan jika kau menahannya maka itu jelek buat mau, dan kau tidak akan dihina karena berharta yang cukup, dan mulialah dengan orang yang menjadi tanggunganmu. Sesungguhnya tangan yang di atas jauh lebih baik dari tangan yang di bawah.”(HR. Muslim 1036 dari Abu Umamah ra).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Dikisahkan bahwa suatu ketika seorang lelaki mendengar suara dari langit, “sirami kebun fulan.” Maka awan pun menurunkan airnya di tanah yang bercampur bebatuan hitam yang kemudian diserap oleh saluran air di tanah bebatuan itu. Lalu, lelaki itu mengikuti aliran tadi.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


Tiba-tiba, dia menemukan seseorang sedang mengalirkan air dengan alatnya. Maka, lelaki itu menanyakan namanya dan dia diberitahu nama sebagaimana yang dia dengar dari awan. 


Setelah diberitahu tentang apa yang didengar, orang itu berkata tentang apa yang dia lakukan, “Sesungguhnya aku bersedekah dengan sepertiga apa yang keluar dari tanah itu dan aku serta keluargaku makan sepertiganya dan sepertiganya lain aku tanam kembali.” (HR. Muslim 2984 dari Abu Hurairah ra).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Rajin Ibadah Tapi Disiksa, 6 Golongan yang Disebut Nabi Muhammad Pasti Celaka


Dalam Hadis Qudsi disebutkan, “Wahai anak Adam berinfaklah niscaya aku akan memberikan infak pada kalian.” (HR. Albukhari 5352 dan Muslim 993 dari Abu Hurairah). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah berfirman kepadaku, berinfaklah niscaya Aku akan berinfak kepadamu.” (HR. Al Bukhori 4684, Muslim 991 Dari Abu Hurairah ra).

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


Mengeluarkan kelebihan harta lebih baik daripada menahannya karena dalam mengeluarkan harta itu dapat mengikuti kesulitan, dan membuat hati orang yang mengeluarkannya kosong dari ketergantungan pada harta. Sehingga dia senantiasa bisa konsentrasi beribadah kepada Allah yang Maha Agung.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


Sedangkan sabdanya, “Sesungguhnya tangan yang di atas jauh lebih baik dari tangan yang di bawah ketik “karena berinfak seperti itu merupakan bentuk taqarrub kepada Allah, yang tidak tercermin dengan meminta-minta, sementara tangan yang di bawah adalah kebalikannya.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Cara Menghitung Dzikir dengan Tangan


Maka dari itu jika kita berkelebihan harta jika ada orang yang meminta makan dan minum maka berikanlah ia makan dan minum. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda. 


Allah subhanahu wa ta’ala berfirman pada hari kiamat, “Wahai anak-anak Adam Aku meminta makan padamu dan kau tidak memberi makan. Anak Adam berkata, “Wahai Tuhanku bagaimana aku memberi-Mu makan padahal Engkau adalah Tuhan semesta alam.”


Allah berfirman, “Tidakkah kau tahu bahwa hamba-Ku fulan telah meminta makan padamu dan kau tidak memberinya makan itu. Tidakkah kau tahu bahwa andaikan kau memberinya makan maka pastilah akan kau dapatkan itu di sisi-Ku!” 


Allah berfirman lagi, “Wahai anak Adam, Aku meminta minum padamu namun kau tidak memberiku minum! Anak Adam berkata “Wahai Tuhanku bagaimana aku memberi-Mu minum padahal Engkau adalah Tuhan semesta alam? Allah berfirman, “Tidakkah kau tahu bahwa hamba-Ku fulan telah meminta minum padamu dan engkau tidak memberinya minum. Tidakkah engkau tahu bahwa andaikan engkau memberinya minum maka pastilah akan kau dapatkan itu di sisi-Ku!” (HR. Muslim 2569 dari Abu Hurairah Ra).


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi