Jumat, 19/04/2024 - 19:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Putin: Rusia Berkomitmen Kembangkan Kerja Sama dengan Liga Arab

ADVERTISEMENTS

Rusia ingin meningkatkan kerja sama dengan Liga Arab dan semua anggotanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, negaranya ingin meningkatkan kerja sama dengan Liga Arab dan semua anggotanya. Menurutnya, Liga Arab memainkan peran penting dalam pergerakan dunia menuju sistem multipolar hubungan internasional.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Rusia berkomitmen mengembangkan kerja sama lebih lanjut secara komprehensif dengan Liga Arab serta semua anggotanya, untuk tujuan meningkatkan keamanan di tingkat regional dan global,” kata Putin dalam pesan yang dikirimkannya menjelang KTT Liga Arab, Selasa (1/11/2022), dikutip Anadolu Agency.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Putin Nyatakan 24 Maret Sebagai Hari Berkabung Nasional di Rusia

Putin berpendapat, pengembangan hubungan antara Rusia dan negara-negara Arab adalah kepentingan bersama semua pihak. Apalagi saat ini dunia sedang menyaksikan perubahan politik dan ekonomi yang serius.

“Pembentukan sistem multipolar hubungan internasional mendapatkan momentum, yang didasarkan pada aturan kesetaraan, keadilan dan saling menghormati kepentingan sah satu sama lain. Negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, dengan populasi gabungan hampir setengah miliar, memainkan peran yang semakin signifikan dalam proses ini,” ucap Putin.

Putin menekankan bahwa memperbaiki kondisi internasional dan mengatasi tantangan kekinian membutuhkan upaya kolektif terkoordinasi. Hal itu membuat lembaga multilateral seperti Liga Arab menjadi semakin penting.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Rusia akan Luncurkan Roket Angara untuk Pertama Kalinya dari Vostochny Cosmodrome

Dalam pesannya, Putin pun menyinggung tentang perkembangan isu di kawasan Timur Tengah, antara lain terkait krisis di Suriah dan Libya. Ia juga menyoroti konflik Yaman serta konflik antara Israel dan Palestina. Putin menegaskan semua isu tersebut harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional serta komitmen menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu negara.

“Saya yakin bahwa upaya untuk lebih mempromosikan hubungan mitra antara Rusia dan negara-negara Arab memenuhi kepentingan bersama kita serta berkontribusi untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di dunia,” kata Putin.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi